JPNN.com

Korut Siap Uji Nuklir, AS Menebar Ancaman

Selasa, 05 Februari 2013 – 07:45 WIB
Korut Siap Uji Nuklir, AS Menebar Ancaman - JPNN.com
Korut Siap Uji Nuklir, AS Menebar Ancaman
SEOUL--Ketegangan di Semenanjung Korea bakal terus memanas. Itu seiring dimulainya latihan perang angkatan laut gabungan antara Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) Senin (4/2). Situasi ini diperparah dengan pernyataan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un soal kesiapan negaranya melakukan uji coba nuklir untuk kali ketiga.

Media dan kantor berita milik pemerintah Korut KCNA memberitakan bahwa Minggu lalu (3/2), dalam pertemuan tingkat tinggi Partai Buruh, Kim menerbitkan arahan strategis untuk memperkuat militer dan melindungi kedaulatan nasional. Pyongyang tidak menjelaskan isi dari tuntunan penting tersebut. Namun, para analis meyakini bahwa hal itu merujuk pada langkah-langkah persiapan uji coba nuklir Korut.

"Kami merasa Korut hampir selesai menyiapkan uji coba nuklir dan bisa melakukannya kapan saja. Saat ini mereka tinggal menunggu kebijakan politik," terang Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korsel Kim Min-seok.

Dia tidak menjelaskan detail informasi itu karena terkait kerahasiaan intelijen. Foto satelit terakhir menunjukkan bahwa Korut telah menutup terowongan yang mengarah ke lereng pegunungan. Lokasi tersebut diyakini akan dijadikan tempat uji coba nuklir.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...