KPK: Pilkada Tidak Langsung, Anggota DPR Jadi Penjahat

KPK: Pilkada Tidak Langsung, Anggota DPR Jadi Penjahat
KPK: Pilkada Tidak Langsung, Anggota DPR Jadi Penjahat. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto menyatakan ada potensi terjadinya perpindahan pelaku politik uang apabila pemilihan kepala daerah dilakukan secara tidak langsung. Para pelakunya adalah anggota DPR.

"Para vote players atau penentu keputusan, anggota DPR sendiri yang menjadi pelaku kejahatan," kata Bambang dalam pesan singkat, Kamis (25/9).

Menurut Bambang, dalam pemilu langsung, pelakunya adalah pemilih. Namun jenis korupsinya, ujar dia, kemungkinan hanya yang bersifat petty corruption.

"Dalam pemilihan tidak langsung maka jenis korupsi yang dilakukan oleh anggota parlemen akan sangat sistematis dan berkarakter greedy corruption serta bahkan corruption by system," ucap Bambang.

Bambang mengungkapkan dalam pemilihan tidak langsung  akibat korupsinya bisa sangat struktural, nilai korupsi sangat besar, bisa sepanjang pemerintahan kepala daerah, dana APBD dan APBN yang akan dijarah serta merusak trust publik pada kekuasaan yang semakin masif. (gil/jpnn)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto menyatakan ada potensi terjadinya perpindahan pelaku politik uang apabila


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News