KPK Siap Hadapi Gugatan Suryadharma Ali

KPK Siap Hadapi Gugatan Suryadharma Ali
Pelaksana Tugas Ketua KPK Taufiqurahman Ruki. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap meladeni gugatan praperadilan yang dilayangkan tersangka dugaan korupsi penyelengaraan haji, mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA).

Lembaga pemberangus korupsi tersebut menghargai upaya hukum yang dilakukan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

"Kami siap menghadapinya," kata Pelaksana Tugas Ketua KPK Taufiqurahman Ruki dalam jumpa pers usai bertemu Jaksa Agung HM Prasetyo, Senin (23/2), di Kejaksaan Agung.

Ia menambahkan, praperadilan merupakan hak dari seorang tersangka. Walaupun sebelumnya terjadi perdebatan apakah penetapan tersangka bisa dipraperadilankan. 

Namun dalam kenyataannya, kata dia, terakhir gugatan Komjen Budi Gunawan diterima atau dikabulkan pengadilan. "Tapi, itu belum dapat dikatakan mengikat sebagai yurisprudensi, temuan hukum yang baru yang sudah memiliki kekuatan," beber Ruki.

Namun demikian, KPK tetap menghormati hak tersangka dan pengadilan. Yang jelas, kata dia, sekali lagi KPK ditantang untuk membuktikan bahwa apa yang dilakukan lembaga antirasuah itu profesional atau tidak.

Plt Komisioner KPK Johan Budi Sapto Prabowo menambahkan, kalau ada warga negara yang merasa tidak pas diperlakukan oleh penegak hukum, memang harus melakukan upaya jalur hukum. Salah satu upaya itu praperadilan. "KPK hormati proses hukum termasuk proses praperadilan," ujar Johan. (boy/jpnn)


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap meladeni gugatan praperadilan yang dilayangkan tersangka dugaan korupsi penyelengaraan haji, mantan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News