Kremlin Milik Putin Lagi

Raih 64 Persen Suara dalam Pilpres Rusia

Kremlin Milik Putin Lagi
Kremlin Milik Putin Lagi
MOSKOW - Ambisi Vladimir Putin untuk kembali menguasai Kremlin (pusat pemerintahan Rusia) tercapai. Kemarin (5/3) Komite Pemilu Pusat mengumumkan bahwa Putin unggulan dalam pemilihan presiden (pilpres) Minggu lalu (4/3). Namun, oposisi memprotes kemenangan tokoh 59 tahun itu dan mengklaim adanya kecurangan.

 

"Hasil perhitungan awal menunjukkan bahwa Vladimir Vladimirovich Putin terpilih sebagai presiden Federasi Rusia," ujar Vladimir Churov, ketua Komite Pemilu Pusat, dalam jumpa pers.

 

Sebanyak 99,3 persen surat suara telah dihitung kemarin, dan Putin mengantongi sekitar 64 persen. Perolehan suara Putin itu lebih banyak daripada empat pesaingnya. Dengan demikian, komite tidak perlu mengadakan pilpres putaran kedua. 

 

Gennady Zyuganov, capres yang diusung oleh Partai Komunis Rusia, berada di peringkat kedua. Tapi, politikus yang telah beberapa kali mencalonkan diri sebagai presiden itu hanya mengumpulkan 17,19 persen suara. Sedangkan taipan bisnis Mikhail Prokhorov, Vladimir Zhirinovsky, serta Sergei Mironov masing-masing meraih 7,82 persen, 6,23 persen, dan 3,85 persen suara.

 

MOSKOW - Ambisi Vladimir Putin untuk kembali menguasai Kremlin (pusat pemerintahan Rusia) tercapai. Kemarin (5/3) Komite Pemilu Pusat mengumumkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News