KRI Teluk Penyu Angkut 900 Masyarakat Eks Gafatar dari Pontianak

KRI Teluk Penyu Angkut 900 Masyarakat Eks Gafatar dari Pontianak
Tampak warga eks Gafatar turun dari KRI Teluk Penyu yang sedang sandar di dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (1/2). FOTO: Dispen Kolinlamil for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kapal perang TNI AL Teluk Penyu-513 evakuasi warga Eks Gafatar yang mengangkut sekitar 900 warga eks Gafatar tiba di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Senin (1/2). KRI Teluk Penyu merupakan angkutan terakhir bagi warga eks Gafatar yang berangkat dari Pelabuhan Dwikora Pontianak, Sabtu (30/1) menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

KRI Teluk Penyu Angkut 900 Masyarakat Eks Gafatar dari Pontianak

Setelah kapal melempar sauh, seluruh mantan pengikut Gafatar langsung diarahkan ke-19 bus yang telah disiapkan untuk dibawa ke tempat rehabilitasi Asrama Haji Pondok Gede, Bekasi.

Menurut Kadispen Kolinlamil, Letnan Kolonel (KH) Bazisokhi Gea, 900 mantan pengikut Gafatar selama ini tinggal di tempat daerah transmigran, Pontianak, Kalimantan Barat.

Selain itu, KRI Teluk Penyu-513 juga mengangkut barang-barang milik mantan pengikut Gafatar yang setelah diturunkan, diangkut dengan 7 Truk milik TNI AD.

Dalam rombongan tersebut, terdapat 284 pengungsi yang mengalami kondisi yang lemah karena rata-rata mereka mabuk laut, diare dan sakit perut. Sedangkan 6 pengungsi yang sakit diinfus dan langsung diangkut menuju rumah sakit guna mendapatkan perawatan dirujuk ke RSUD Koja.

KRI Teluk Penyu 513 yang dikomandani Letkol Laut (P) Sri Rakhmadi merupakan jenis kapal pendarat atau LST (Landing Ship Tank) kelas Tacoma. Nama kapal ini berasal dari nama teluk yang berada di Kabupaten Cilacap yaitu "Teluk Penyu". KRI Teluk Penyu (513) ini dibangun oleh perusahaan Korea-Tacoma SY, Masan, Korea Selatan pada tahun 1981.(fri/jpnn)


JAKARTA – Kapal perang TNI AL Teluk Penyu-513 evakuasi warga Eks Gafatar yang mengangkut sekitar 900 warga eks Gafatar tiba di Dermaga Kolinlamil,


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News