Kriminalisasi Kurator Meranti Maritime Masih Berlanjut

Kriminalisasi Kurator Meranti Maritime Masih Berlanjut
Kriminalisasi Kurator Meranti Maritime Masih Berlanjut

jpnn.com - JAKARTA -- Status tersangka yang ditetapkan pihak kepolisian terhadap tim pengurus atau kurator PT Meranti Maritime Allova Mengko dan Dudi Pramedi dalam proses restrukturisasi utang kini terus berlanjut. 

Berkas perkara mereka atas sangkaan Pasal 310, 311 dan 317 KUHP yang dahulu ditangani Polres Jakarta Pusat kini ditarik ke Polda Metro Jaya dan ditangani oleh unit Ranmor Polda Metro Jaya.

"Bahkan saat ini kurator juga harus menghadapi upaya kriminalisasi lagi, Pasal yang disangkakan adalah pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan dan juga ditangani oleh Unit 1 Ranmor Polda Metro Jaya," kata kuasa hukum kurator PT Meranti Maritime Mokki Arianto, saat mendampingi kliennya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (4/10).

Padahal lanjut Mokki, PT Meranti Maritime dan Henry Djuhari selaku debitor kini telah dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada tanggal 22 Agustus 2016 lalu. Dengan demikian, kewenangan debitor untuk mengurusi harta miliknya telah beralih kepada kurator.

Mokki menjelaskan, kriminalisasi terhadap Allova dan Dudi kembali lanjut bermula pada saat mereka menjalankan tugasnya sebagai kurator untuk mengamankan harta pailit di Jl. Sekolah Kencana IVB, Pondok Indah. Kurator sesuai dengan Pasal 98 Undang-undang Kepailitan berwenang untuk melakukan segala upaya mengamankan harta pailit.

 Sebagai pelaksanaan ketentuan tersebut, kurator telah melakukan upaya pengamanan harta pailit atas rumah Henry Djuhari dengan menggembok pagar rumah. Hal ini dilakukan karena sebelumnya, Henry Djuhari dan Istrinya telah membawa 3 kendaraan tanpa izin terlebih dahulu dari kurator.  

"Tetapi justru klien kami malah yang dilaporkan oleh debitor pailit dengan sangkaan perbuatan tidak menyenangkan pasal 335 KUHP. Kami tidak tinggal diam. Atas tindakannya itu, kami juga telah melaporkan Henry Djuhari ke Polda Metro Jaya yang saat ini sedang ditangani oleh Subdit Kamneg, Polda Metro Jaya," jelas Mokki. 

Mokki mengaku sangat keberatan atas tindakan Unit I Ranmor Polda Metro Jaya yang datang dengan membawa senjata laras panjang dan berseragam lengkap ke lokasi harta pailit dan memaksa kurator untuk membuka gembok pagar pada tanggal 1 September lalu, dengan dasar laporan Pasal 335 KUHP yang baru dilaporkan malam sebelumnya oleh debitor.

JAKARTA -- Status tersangka yang ditetapkan pihak kepolisian terhadap tim pengurus atau kurator PT Meranti Maritime Allova Mengko dan Dudi Pramedi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News