KSAL: Perwira Lulusan Seskoal Harus Memiliki Karakter Kepemimpinan yang Kuat

KSAL: Perwira Lulusan Seskoal Harus Memiliki Karakter Kepemimpinan yang Kuat
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menyerahkan penghargaan kepada Mayor Laut (P) Nurwahidin sebagai Lulusan terbaik Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA 2020 bersama lulusan terbaik Perwira Siswa Negara Sahabat LCDR Gautam Rai dari India. Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Perwira unggulan lulusan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) harus memiliki karakter kepemimpinan yang kuat.

Selain itu, harus memiliki wawasan luas dan pemikiran strategis sehingga para lulusan Seskoal nantinya akan mampu dan siap ditugaskan dalam berbagai bidang kedinasan yang dibutuhkan di satuan operasional dan staf struktural di lingkungan TNI dan TNI Angkatan Laut serta penugasan non structural

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Penutupan Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan ke-58 tahun 2020 yang berlangsung di Auditorium Yos Soedarso Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (12/11).

Acara penutupan pendidikan ini menandai berakhirnya pula proses pendidikan tertinggi di TNI Angkatan Laut yang dibuka sejak tanggal 14 Januari 2020 lalu dan diikuti sebanyak 174 Perwira Menengah (Pamen) TNI-Polri Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 Tahun 2020. Mereka terdiri dari 160 Pamen TNI AL, 2 Pamen TNI AD, 2 Pamen TNI AU dan 2 Pamen Polri.

Adapun 8 Pamen Negara Sahabat berasal dari Arab Saudi, Australia, China, India, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Pada kesempatan ini, KSAL didampingi Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto menyerahkan ijazah tanda kelulusan.

Lasakana Yudo dalam sambutannya mengatakan Seskoal sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI Angkatan Laut, memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia pengawak organisasi TNI AL.

“Keunggulan SDM telah menjadi prioritas utama yang saya tetapkan sejak saya menjabat sebagai Kasal pada bulan Mei yang lalu. Prioritas ini selaras dengan visi pemerintah yaitu: SDM Unggul, Guna Mewujudkan Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berdasarkan Gotong Royong,” tegasnya.

Keunggulan sumber daya manusia yang ditandai dengan tingkat profesionalisme dan kualitas kepemimpinan perwira yang tinggi akan menjadi faktor penentu kemajuan organisasi TNI Angkatan Laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News