KTT Bisnis ASEAN-UE Pertama Resmi Dibuka

SBY Tekankan Peran ASEAN dalam Perbaikan Kondisi Ekonomi Dunia

KTT Bisnis ASEAN-UE Pertama Resmi Dibuka
BUKA - Presiden SBY (kiri) saat membuka ASEAN-EU Business Summit pertama, di JCC, Kamis (5/5). Foto: Arsito/JPNN.
JAKARTA - Di hari kedua pelaksanaan KTT ASEAN (ASEAN Summit) ke-18, Kamis (5/5), di JCC Jakarta, sebuah sesi pertemuan penting pun digelar. Pertemuan di bidang perekonomian tersebut adalah ASEAN-EU Business Summit (KTT Bisnis ASEAN-Uni Eropa) yang notabene baru digelar untuk kali pertama. KTT ini sendiri dibuka langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang selain berposisi sebagai host (tuan rumah), adalah juga Ketua (Chairman of) ASEAN saat ini.

Dalam kesempatan pembukaan KTT tersebut, beberapa pejabat penting yang ikut hadir bersama SBY di atas pangung pun berkesempatan menyampaikan pandangan maupun sepatah katanya. Menko Perekonomian Hatta Rajasa misalnya, pada momen itu mengaku menyambut baik digelarnya event summit ini, yang dipandang cukup penting dalam perkembangan perekonomian di kedua kawasan. Hal senada pun diungkapkan oleh Karel de Gucht, Komisioner Perdagangan Uni Eropa (UE), yang antara lain menyebut bahwa business summit ini juga bisa berperan untuk menjelaskan apa yang telah berjalan dengan baik (dalam perekonomian di kedua kawasan maupun konteks kerjasama, Red), serta apa yang masih bisa ditingkatkan lagi.

Usai sedikit pengantar dari Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan, yang pada dasarnya menyampaikan ucapan selamat datang kepada para delegasi pertemuan ini, SBY pun akhirnya menyampaikan opening address-nya. Dalam pidato pembukaan tersebut, SBY lantas banyak memaparkan data-data kondisi perekonomian dunia, maupun kawasan Asia dan Asia Tenggara secara khusus. Pada intinya, menurut SBY pula, ada optimisme dalam pertumbuhan ekonomi di kawasan ini, begitu pula di Indonesia khususnya, kendati kondisi perekonomian dunia sendiri masih belum begitu pulih saat ini.

Di antara bagian pemaparannya itu, SBY antara lain pun menyampaikan perkembangan atau kemajuan di bidang IT (information technology) di Indonesia belakangan, yang bisa disebut sebagai salah satu indikasi dari pesatnya pertumbuhan ekonomi negeri ini. Menariknya, salah satu yang disampaikan SBY sebagai contoh terkait hal itu, adalah jumlah pengguna Facebook (Facebookers) di Indonesia, yang notabene tercatat sebagai salah satu yang terbesar di dunia.

JAKARTA - Di hari kedua pelaksanaan KTT ASEAN (ASEAN Summit) ke-18, Kamis (5/5), di JCC Jakarta, sebuah sesi pertemuan penting pun digelar. Pertemuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News