Kuburan Massal Hutan Plumbon, Saksi Bisu Tempat Mengeksekusi Mereka yang Dianggap PKI

Kuburan Massal Hutan Plumbon, Saksi Bisu Tempat Mengeksekusi Mereka yang Dianggap PKI
Prasasti kuburan massal di tengah Hutan Plumbon, Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Foto: Dokumentasi warga Wonosari untuk JPNN.com

jpnn.com - Operasi pembersihan terhadap pihak-pihak yang dianggap kaki tangan Partai Komunis Indonesia (PKI) meninggalkan jejak di sebuah hutan jati di Semarang. Di tengah hutan itulah terdapat kuburan massal untuk orang-orang yang dicap komunis oleh penguasa Orde Baru.

Laporan Wisnu Indra Kusuma, Semarang

HUTAN Plumbon. Begitulah orang-orang Semarang menyebutnya.

Lokasi hutan itu di Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Jaraknya dari Tol Transjawa ruas Semarang-Batang sekitar 2 kilometer.

Di tengah hutan itu ada sebuah prasasti bertarikh 2015 sebagai penanda. Itulah kuburan sekaligus lokasi eksekusi terhadap warga yang dilabeli sebagai kaki tangan PKI pascaperistiwa G30S pada 1965. 

Sepintas akses menuju ke kuburan itu tidak begitu kentara. Hal itu disebabkan semak belukar menutupi jalan masuk ke lokasi makam.

Untuk sampai ke kuburan itu juga harus melalui lahan pertanian warga. Pengunjung yang mau mengunjungi makam tersebut juga mesti meniti jembatan tua dari kayu. 

Memang orang awam sulit menemukan kuburan yang jauh dari permukiman itu. Walakin, warga Kota Semarang, khususnya Kelurahan Wonosari, mengetahui lokasi tersebut.

Kuburan massal Hutan Plumbon, l kuburan sekaligus lokasi eksekusi terhadap warga yang dilabeli sebagai kaki tangan PKI pascaperistiwa G30S pada 1965.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News