KY Minta Dilibatkan Rekrut Hakim Tipikor

KY Minta Dilibatkan Rekrut Hakim Tipikor
KY Minta Dilibatkan Rekrut Hakim Tipikor
JAKARTA--Ketua Komisi Yudisial (KY), Eman Suparman mengaku  prihatin dengan buruknya kualitas hakim ad hoc Pengadilan Tipikor di daerah. Karenanya, Eman menyarankan agar Mahkamah Agung (MA) melibatkan pihaknya dalam proses rekrutmen hakim.

“KY harus dilibatkan agar bisa melakukan penilaian. MA selama ini tidak pernah melibatkan kami, jadinya seperti ini kualitas hakimnya,” kata Eman usai menghadiri pelantikan enam hakim Agung di gedung MA, Jakarta, Rabu (9/11).

Menurut Eman, ketidakjelasan rekrutmen hakim ad hoc Pengadilan Tipikor membuat kompetensi mereka diragukan untuk memberikan rasa keadilan di  masyarakat. Karena itu, Ia tidak heran banyak putusan hakim yang membebaskan terdakwa korupsi. Bahkan, saran dia, jika perlu KY dilibatkan untuk mengevaluasi hakim ad hoc yang sudah bekerja di Pengadilan Tipikor.

Eman menilai, rekrutmen hakim ad hoc selama ini bermasalah dan perlu dilakukan penataan. Jika tidak, maka keluhan masyarakat bisa semakin luas dan itu menimbulkan lunturnya kepercayaan masyarakat kepada lembaga penegak hukum. “Intinya pada pembenahan.” ucapnya.

JAKARTA--Ketua Komisi Yudisial (KY), Eman Suparman mengaku  prihatin dengan buruknya kualitas hakim ad hoc Pengadilan Tipikor di daerah. Karenanya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News