Lagi-Lagi Harga TBS Sawit di Riau Turun, Ya Ampun!

Lagi-Lagi Harga TBS Sawit di Riau Turun, Ya Ampun!
Lagi-Lagi Harga TBS Sawit di Riau Turun, Ya Ampun!

jpnn.com, PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit sepekan ke depan mengalami penurunan sebesar Rp 36,50 per kilogram atau mencapai 1,41 persen dari harga minggu lalu.

Dinas Perkebunan Provinsi Riau bersama tim penetapan harga telah melaksanakan rapat penetapan harga.

Berdasarkan hasil penetapan harga TBS kelapa sawit penetapan minggu ke 5  2023, periode 1 sampai dengan 7 Februari mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

Jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 36,50 per kilogram atau mencapai 1,41 persen dari harga minggu lalu.

“Sehingga harga pembelian TBS sawit petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp 2.548,65 per kilogram,” kata Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Provinsi Riau Defris Hatmaja kepada JPNN.com Rabu (1/2).

Defris menjelaskan bahwa faktor penyebab turunnya harga TBS periode ini karena terjadinya penurunan harga jual CPO dan kernel dari perusahaan yang menjadi sumber data. 

Indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan kedapan yaitu 92,17 persen, harga penjualan CPO minggu ini turun sebesar Rp 148,60 dan kernel minggu ini turun sebesar Rp 136,58 dari minggu lalu.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa minggu yang lalu harga TBS yang ditetapkan oleh tim mengalami penurunan. penurunan harga minggu ini lebih disebabkan karena faktor penurunan harga CPO dan Kernel,” lanjutnya.

Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit sepekan ke depan mengalami penurunan sebesar Rp 36,50/Kg atau mencapai 1,41% dari harga minggu lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News