Lahan Terlantar untuk Kebun Tebu

Lahan Terlantar untuk Kebun Tebu
Lahan Terlantar untuk Kebun Tebu
JAKARTA- Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan menyebutkan lahan eks perkebunan yang terlantaran sedikitnya berjumlah 7 juta hektar. Rencananya, lahan tersebut akan digunakan untuk perkebunan tebu untuk memenuhi program Proyek Tebu Nasional yang berorientasi swasembada gula pada 2014 mendatang.

"Sesuai dengan instruksi Presiden, sementara lahan terlantar sekitar 5000 hektar yang akan dibebaskan," katanya, di hadapan Komisi IV, Kamis (4/2).

Disebutkan, lahan terlantar eks perkebunan jumlahnya cukup besar. Kemenhut mencatat sekitar 7 juta hektar lahan terlantar di Indonesia. "Dulu pengusaha minta areal untuk kebun sawit, ternyata setelah ditebang, tidak digarap," akunya.

Maka, bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), areal terlantar ini sebagian akan dijadikan areal perkebunan tebu. Dia juga menjelaskan, hal ini terkait dengan PP BPN, yang akan ditetapkan tanggal 22 Februari nanti, mengenai kepemilikan lahan terlantar atau tidak tergarap akan diambil alih kembali oleh negara.

JAKARTA- Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan menyebutkan lahan eks perkebunan yang terlantaran sedikitnya berjumlah 7 juta hektar. Rencananya, lahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News