Lando Norris Rebut Pole Position di F1 Rusia, Lewis Hamilton Kecewa

Lando Norris Rebut Pole Position di F1 Rusia, Lewis Hamilton Kecewa
Pembalap McLaren Lando Norris. FIA/Handout via REUTERS

jpnn.com - Lando Norris (McLaren) meraih pole position perdana dalam kariernya usai menjadi yang tercepat di babak kualifikasi Grand Prix Rusia, Sabtu (25/9).

Di belakang Lando, ada Carlos Sainz (Ferrari) dan George Russell (Williams) mengamankan P3.

Lewis Hamilton belum bisa maksimal di babak kualifikasi dengan hanya menempati P4 setelah menabrak pagar pembatas jalur pit yang merusak sayap depan mobilnya.

Sementara itu, pemuncak klasemen sementara, Max Verstappen akan start dari posisi paling belakang setelah Red Bull memutuskan menyematkan power unit baru di mobilnya.

Langkah itu telah melebihi alokasi per musim sehingga berbuah penalti ke Verstappen.

Norris menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi terakhir itu, yang pertama kalinya bagi McLaren sejak 2012, setelah unggul 0,517 detik dari Sainz.

"Terasa luar biasa... kami membuat keputusan pada akhirnya untuk beralih ke ban slick. Anda tidak akan menyangka meraih pole hingga Anda merasakannya sendiri dan saya berhasil melakukan itu. Sangat senang dan terima kasih banyak kepada tim. Mereka melakukan tugas yang luar biasa," kata Norris.

Sementara itu, juara dunia tujuh kali, Hamilton, mengeluhkan tak bisa membuat bannya panas saat kembali ke trek sehingga dia kehilangan kendali mobil di flying lap terakhir.

Lando Norris (McLaren) meraih pole position perdana usai menjadi yang tercepat di babak kualifikasi Grand Prix Rusia, Sabtu (25/9). Sementara Lewis Hamilton harus puas di P4.