Langkah Jokowi Ini Menginspirasi Pemimpin Dunia Menuju Perdamaian Rusia - Ukraina

Langkah Jokowi Ini Menginspirasi Pemimpin Dunia Menuju Perdamaian Rusia - Ukraina
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Strategi dan Pertahanan Program Studi (Prodi)  S-1 Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Lukman Fahmi menyebut kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina-Rusia sebagai langkah menuju perdamaian.

Lukman juga menilai kunjungan Jokowi itu menginspirasi pemimpin dunia untuk mendorong perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

Meski begitu, dia menilai proses untuk mendamaikan kedua negara memerlukan jalan yang panjang.

Menurut Lukman, membutuhkan waktu dan tidak bisa dilakukan sekejap mata meski Presiden Jokowi berinisiatif mengunjungi Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia  Vladimir Putin.

“Akan ada jalan panjang menuju perdamaian,” ujar Lukman Fahmi dalam Panggung Demokrasi “Misi Damai Jokowi ke Rusia dan Ukraina” pada Rabu (6/7/2022).

Lebih lanjut, dia mengatakan peran Indonesia menjadi penengah konflik Ukraina dan Rusia tidaklah mudah.

Pasalnya, dibutuhkan kepercayaan dari setiap pihak yang berseteru supaya dapat mempercayai Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Lukman Fahmi tercermin dari rute perjalanan Presiden Jokowi seusai meninggalkan KTT G7 di Jerman dengan mengunjungi Ukraina terlebih dahulu.

Lukman Fahmi menyebut kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina-Rusia sebagai langkah menuju perdamaian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News