Lansia Dihimbau Tidak Berhaji Tahun Ini

Lansia Dihimbau Tidak Berhaji Tahun Ini
Lansia Dihimbau Tidak Berhaji Tahun Ini
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan kebijakan mengejutkan. Mereka menghimbau jamaah haji lanjut usia (lansia) tidak berhaji tahun ini. Sebab kondisi Masjidilharam saat ini jauh dari keadaan normal. Termasuk tidak adanya fasilitas khusus untuk jamaah haji lansia.

Keterangan ini disampaikan Direktur Pelayanan Haji (Diryanhaj) Kemenag Sri Ilham Lubis. Dia menuturkan, pertimbangan utama terkait himbauan ini adalah demi keamanan, kenyamanan, serta keselamatan jamaah sendiri. “Kemenag mengimbau jamaah haji lansia menunda hajinya,” katanya.

Sri Ilham menuturkan, himbauan ini bukan hanya untuk jamaah lansia yang di luar porsi berangkat 2013. Tetapi untuk jamaah haji lansia yang masuk dalam porsi berangkat 2013 juga dihimbau demikian. Dia menuturkan sejumlah fasilitas penting untuk jamaah haji lansia di Masjidilharam saat ini sudah tidak ada lagi. “Kondisi ini terkait dengan renovasi besar-besaran oleh pemerintah Arab Saudi,” tandasnya.

Kemenag memberikan garansi atau jaminan kepada jamaah haji lansia porsi keberangkatan 2013 yang menunda keberangkatannya. Para jamaah yang memilih tidak berangkat itu dijamin pasti berangkat haji tahun depan. Bagi para lansia ini, berhaji tahun depan lebih aman dan nyaman karena lokasi tawaf di Masjidilharam sudah rampung direvonasi.

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan kebijakan mengejutkan. Mereka menghimbau jamaah haji lanjut usia (lansia) tidak berhaji tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News