Lantik Ganjar-Heru, Mendagri Ingatkan Kemiskinan di Jateng

Lantik Ganjar-Heru, Mendagri Ingatkan Kemiskinan di Jateng
Lantik Ganjar-Heru, Mendagri Ingatkan Kemiskinan di Jateng

jpnn.com - SEMARANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi melantik pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018. Pelantikan digelar dalam paripurna DPRD Jateng di Semarang, Jumat (23/8) pagi.

Ganjar-Heru yang memenangi Pemilukada Jateng pada 26 Mei 2013 itu dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 94/P Tahun 2013. Keppres yang sama juga memberhentikan pasangan Bibit Waluyo-Rustriningsih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2008-2013.

Pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas. Mendagri dalam pelantikan itu mengatakan, proses Pemilukada Jateng patut dipuji. Sebab, meski suasana kompetisi Pemilukada Jateng nyata terlihat tapi tidak ada gesekan.

Bahkan, lanjut Mendagri, gugatan atas kemenangan Ganjar-Heru pun tak ada. "Tentu ini akan mempercepat proses konsolidasi," ucap Mendagri.

Mendagri menambahkan, selama ini Provinsi Jateng sudah banyak menunjukkan kemajuan. Salah satunya adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang sudah mencapai angka 72,77 persen.

Meski demikian, lanjut Mendagri, Jateng memiliki jumlah penduduk miskin hingga 4,6 juta jiwa, atau 14,9 persen. "Angka ini masih lebih tinggi daripada rata-rata nasional yang hanya 11,66 persen," ucap Mendagri.

Karenanya Mendagri berharap Ganjar-Heru harus bisa memegang janji kampanye untuk tidak korupsi dan tidak berbohong. "Mboten ngapusi lan mboten Korupsi, semoga ini benar-benar terwujudkan," kata Mendagri yang agak kagok saat melafalkan tagline kampanye Ganjar-Heru dalam Bahasa Jawa itu.

Mendagri menyebut Ganjar sebagai sosok yang pengalaman dalam hal pemerintahan dalam negeri, terutama selama memimpin Komisi II DPR. Sedangkan Heru Sudjatmoko, lanjut Mendagri, memiliki pengalaman sebagai birokrat yang matang. "Harapannya pasangan ini bisa membawa kemajuan bagi Jawa Tengah," pungkas Mendagri. (jpnn)


SEMARANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi melantik pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News