Lapas Jambi Rusuh, Tegang...Dor Dor Dor

Lapas Jambi Rusuh, Tegang...Dor Dor Dor
Seorang napi dievakuasi keluar Lapas Jambi. Foto: Eddy Junaedi/Jambi Independent

jpnn.com - jpnn.com -Sekelompok warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Jambi, nekad membakar gedung koperasi dan pondok-pondok yang biasa digunakan untuk istirahat, sekitar pukul 22.10 WIB Rabu (1/3) tadi malam.

Suasana mencekam. Petugas pun terpaksa melepaskan tembakan untuk mengamankan situasi. Seperti dilaporkan Jambi Independent, jingga sekitar pukul 23.40 WIB, sejumlah napi yang dilumpuhkan dengan tembakan dibawa ke luar lapas untuk mendapat perawatan medis.

Warga binaan tersebut mengamuk, mendobrak pintu sel dan berhamburan keluar. Diduga, insiden ini terjadi karena napi merasa tak senang dengan razia yang digelar oleh polisi dan lapas. Mereka langsung merangsek dan merusak barang-barang, bahkan membakar ruang koperasi dan satu pondok yang biasa digunakan untuk bersantai.

Kewalahan, akhirnya puluhan pasukan anti huru hara, dan TNI bersenjata lengkap diturunkan. Beberapa unit mobil damkar pun diturunkan untuk memadamkan api. Dari dalam lapas, napi melempar batu ke luar. Ini membuat aparat, mencari perlindungan.

Satu orang napi yang terluka juga tampak dipapah menuju keluar lapas. Lampu lapas sempat dimatikan sesaat, namun 15 menit kemudian kembali dihidupkan.

Sementara itu, di luar lapas juga mulai berdatangan keluarga napi. Mereka tampak cemas dengan kondisi keluarga mereka yang ada di dalam lapas. Karena kabar yang beredar terjadi bentrok berdarah di dalam lapas. "Kami juga ingin tahu keadaan anak kami yang ada di dalam lapas. Lihat ada api di dalam pasti ada yang ribut," ujar Midah, keluarga napi.

Sementara polisi yang menjaga di depan pintu masuk kian ditambah. Dari raut wajah petugas yang keluar dari dalam lapas, tampak ada ketegangan. Suasana lapas sekitar pukul 23.30 WIB, masih tampak tegang. Beberapa kali letusan senjata api terdengar di dalam lapas. Suara teriakan juga terdengar dari dalam lapas. Sejumlah awak media sempat terkurung di dalam lapas.

Polisi juga menambah anggotanya untuk masuk ke dalam lapas. Kali ini pasukan dengan tameng yang kembali dikirim. Ambulance juga telah disiagakan di depan lapas yang terletak di Jalan Patimura. Selang damkar juga sudah ditarik dari dalam lapas. Tampak ada kerusakan di dalam lapas.

Sekelompok warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Jambi, nekad membakar gedung koperasi dan pondok-pondok yang biasa digunakan untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News