Laporan Akhir Investigasi Internasional: MH17 Jatuh Ditembak Rudal

Laporan Akhir Investigasi Internasional: MH17 Jatuh Ditembak Rudal
Hasil laporan akhir tim investigasi internasional yang dipimpin Belanda menegaskan bahwa pesawat MH17 ditembak dengan peluru kendali. Foto: Int

jpnn.com - AMSTERDAM - Dewan Keamanan Belanda (DSB) mengumumkan laporan akhir investigasinya, Selasa (13/10) kemarin. Hasilnya, tim menegaskan pesawat Malaysia Airlines MH17 benar ditembak jatuh dengan peluncur rudal darat ke udara BUK di wilayah udara timur Ukraina tahun lalu.

Ketua tim DSB, Tjibbe Joustra mengatakan, rudal itu meledak di sebelah kiri kokpit pesawat tersebut.

"MH17 ditembak jatuh dengan peluncur rudal darat ke udara BUK," katanya ketika menyajikan laporan akhir tragedi MH17 di Pangkalan Udara Gilze-Rijen, Belanda seperti dilansir laman Bernama hari ini.

Pesawat MH17 ditembak jatuh pada ketinggian 9,144 meter dan jatuh di daerah bergolak Ukraina dekat perbatasan Rusia pada 17 Juli 2014.

Semua 283 penumpang dan 15 kru pesawat Boeing 777 itu, yang dalam perjalanan ke Kuala Lumpur dari Amsterdam, tewas.

Joustra mengatakan, penyelidikan menemukan, MH17 terbang secara normal sehingga pada saat kejadian, ketika pesawat itu melintasi wilayah udara timur Ukraina.

Dia mengatakan pada pukul 1.25 siang waktu setempat, peledak 9N314M yang diluncurkan melalui sistem rudal BUK dari timur Ukraina, meledak di sebelah kiri dan atas kokpit.

"Bagian depan pesawat itu ditembus oleh ratusan objek berkuasa tinggi dari bahan peledak tersebut.

AMSTERDAM - Dewan Keamanan Belanda (DSB) mengumumkan laporan akhir investigasinya, Selasa (13/10) kemarin. Hasilnya, tim menegaskan pesawat Malaysia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News