Latihan Calfex di SGS 2022, Jenderal Andika: TNI Mengerahkan Alutsista Terbaru dan Canggih

Latihan Calfex di SGS 2022, Jenderal Andika: TNI Mengerahkan Alutsista Terbaru dan Canggih
Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa saat meninjau puncak latihan tempur Super Garuda Shield 2022 di Baturaja, Ibu Kota Kabupaten OKU, Sumsel, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/22)

jpnn.com, BATURAJA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengerahkan berbagai alat utama sistem senjata (alutsista) canggih dalam puncak latihan tempur Super Garuda Shield 2022 di Puslatpur Kodiklat Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Jumat (12/8). 

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa mengatakan TNI mengerahkan alat utama sistem senjata (alutsista) terbaru dan canggih dalam puncak latihan militer Super Garuda Shield 2022 di Puslatpur Kodiklat Baturaja, Ibu Kota Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Jumat (12/8).

Jenderal Andika mengatakan peralatan terbaru dan canggih itu digunakan dalam latihan Combine Armed Live Fire Exercise (Calfex) atau latihan penembakan terintegrasi bersama 13 negara di dunia.

Adapun persenjataan dan alutsista canggih yang digunakan, antara lain, Meriam 105 KH 178, Meriam 105 M119, Heli AH-64 Apache, Heli UH-60 Blackhawk, Helly Bell 412, ASTROS, HIMARS, MO 60 dan MO 81.

Sementara personel yang terlibat dalam Combined Arms Life Fire Exercise ini, terdiri atas TNI AD 698, US ARMY 750, dan Australia 88.

Jenderal Andika mengatakan bahwa Calfex atau bagian dari latihan ini bertujuan memvalidasi kemampuan komandan lapangan untuk merencanakan dan melakukan tembakan langsung yang cepat secara taktis, aman dan realistis.

Selain itu, katanya, latihan tersebut juga menerapkan prinsip-prinsip taktik manuver dalam lingkungan pertempuran agar para prajurit TNI makin mahir di medan tempur.

"Calfex dimaksudkan untuk membantu berlatih mengendalikan banyak satuan tempur antarkecabangan dalam formasi. Banyak aset untuk mendukung formasi tersebut antara lain untuk menyinkronkannya dalam ruang dan waktu," ungkapnya saat meninjau lokasi latihan di Baturaja, Jumat (12/8).  

Jenderal Andika menegaskan TNI mengerahkan alutsista terbaru dan canggih dalam latihan Calfex pada puncak latihan tempur Super Garuda Shield 2022. Apa saja?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News