Layanan Berkurban Online, Begini Tahapannya

Layanan Berkurban Online, Begini Tahapannya
Beternak kambing. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan perusahaan e-Commerce Shopee menyediakan layanan kurban online.

Layanan Kurban online yang dikemas dalam aplikasi online kurban hemat. Di situ akan ditampilkan sejumlah hewan kurban baik sapi maupun kambing yang dapat dibeli secara online. Begitu terbeli, Baznas yang akan memprosesnya.

Mulai dari pemotongan hingga distribusi ke yang membutuhkan. Untuk harga kambing dipatok pada kisaran Rp. 2,5 juta.

Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan bahwa Baznas menghendel seluruh proses fisik kurban. Baznas juga mencarikan stok hewan kurban dari peternak-peternak lokal. “Hewan yang kami sediakan kualitasnya bagus. Pembeli bisa mengecek sendiri ke lapangan kalau mau,” kata Sudibyo, seperti diberitakan Jawa Pos.

Setelah dipotong, daging hewan kurban akan didistribusikan oleh Baznas ke desa- desa. Sudibyo mengatakan Baznas telah menyiapkan sejumlah besar dana yang diserap dari para muzakki di perkotaan untuk membeli hewan-hewan ternak dari peternak di desa. “Kemudian setelah dipotong didistribusikan ke desa lagi, muter-muter disana juga,” katanya.

Pada periode kurban tahun ini, Sudibyo mengatakan pihaknya menargetkan bisa menyerap dan mendistribusikan 2 juta ekor kambing ke seluruh mustahiq se indonesia. “2 juta itu equvalen. Misalnya sapi itu setara 7 ekor kambing,” katanya.

Country Brand Mananger Shopee Rizky Yanuar mengungkapkan, pembeli hewan kurban akan mendapatkan kode khusus. Mereka yang ingin berkurban sapi namun tidak memiliki cukup dana juga bisa mencari rekan di dunia maya yang difasilitasi oleh aplikasi Shopee. “Jadi 7 orang bisa join untuk berkurban 1 ekor sapi,” jelasnya.

Setelah selesai melakukan pembelian, hewan kurban diproses dan didistribusikan. Yanuar mengatakan pembeli akan mendapatkan sertifikat khusus dari Baznas dan Shopee bahwa dia telah melakukan kurban. (tau)


Kerja sama Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) dengan perusahaan e-Commerce Shopee menyediakan layanan kurban online.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News