Layani Mudik Lebaran, Ada 6 Rute Penerbangan di Kertajati

Layani Mudik Lebaran, Ada 6 Rute Penerbangan di Kertajati
Bandara Kertajati. Foto dok humas Kemenhub

jpnn.com, MAJALENGKA - Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akan dioperasikan untuk mengurai kepadatan arus mudik Lebaran 2018.

Terkait rencana Bandara Kertajati melayani pada mudik Lebaran tahun ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut setidaknya akan ada lima hingga enam rute yang dilayani bandara yang nantinya akan dikelola PT Angkasa Pura II.

Rencananya paling tidak dalam satu hari akan terdapat 10-20 penerbangan melalui Bandara Kertajati.

“Kami merencanakan menuju ke lima kota Surabaya, Bali, Makassar, mungkin juga Banjarmasin atau Balikpapan dan Kualanamu. Ada enam,” jelas Budi.

Sementara terkait rencana penerbangan haji, pihaknya berharap dalam waktu tiga bulan rencana ini bisa direalisasikan. Budi menargetkan setidaknya ada lima flight yang melayani penerbangan haji dari Bandara Kertajati.

Sebagai informasi, Bandara Kertajati memiliki landas pacu atau runway berukuran 2.500 x 60 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan runway ini bandara ini sudah bisa didarati pesawat sejenis Boeing 777.

Selain itu juga terdapat apron berukuran 576 x 151 meter persegi sehingga dapat menampung sebanyak 10 pesawat berbadan lebar. Pada sisi darat Bandara Kertajati dilengkapi terminal penumpang berukuran 92 ribu meter persegi. Bandara Kertajati dibangun dengan total biaya sebesar Rp 2,5 triliun.

Bandara Kertajati termasuk dalam deretan bandara terbesar setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bandara ini ditargetkan akan dapat menampung kurang lebih 5,6 juta penumpang per tahun.(chi/jpnn)


Setidaknya akan ada lima hingga enam rute yang dilayani Bandara Kertajati yang nantinya akan dikelola PT Angkasa Pura II.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News