Leclerc Menggila di Kualifikasi GP Monaco, Pole Position Pertama Ferrari Sejak 2019

Leclerc Menggila di Kualifikasi GP Monaco, Pole Position Pertama Ferrari Sejak 2019
Pembalap Ferrari Charles Leclerc saat kualifikasi Grand Prix Monaco. Foto: ANTARA/AFP/Andrej Isakovic

jpnn.com, MONTE CARLO - Pembalap tuan rumah Charles Leclerc menjadi yang terbaik dalam kualifikasi GP Monaco, Sabtu (22/5) malam WIB.

Meski mengalami kecelakaan jelang akhir sesi kualifikasi, driver Ferrari itu tetap berhak atas pole position.

Dalam catatan F1, ini merupakan pole position ke-8 dalam karier Leclerc, serta yang pertama buat Ferrari GP Meksiko 2019

Leclerc sebelumnya mendapati kerusakan girboks yang membuatnya melaju hanya empat putaran di sesi latihan pertama GP Monaco pada Kamis (20/5).

Namun, di FP2 Leclerc membuat kejutan dengan memuncaki catatan waktu bersama Carlos Sainz yang finis kedua untuk menegaskan kecepatan Ferrari di sirkuit jalanan Monte Carlo itu.

Ferrari masih tampil gesit di FP3 meski finis di belakang pembalap tercepat Max Verstappen dari tim Red Bull.

Namun, Leclerc mampu menerjemahkan kecepatan mobil Ferrari sejak sesi latihan bebas dengan mencetak waktu 1:10,346 untuk merebut pole di babak kualifikasi untuk mengalahkan Verstappen dengan margin 0,230 detik.

Para pembalap gagal memperbaiki catatan waktunya karena harus menyudahi Q1 secara prematur setelah Leclerc membuat bendera merah dikibarkan dengan 18 detik tersisa di FP3 ketika ia menabrakkan mobil Ferrarinya ke pagar pembatas setelah melibas kerb di jalur keluar "Swimming Pool".

Meski mengalami kecelakaan jelang akhir sesi kualifikasi GP Monaco, Leclerc tetap berhak atas pole position.