Lelang Empat SUN, Target Rp 5 Triliun

Lelang Empat SUN, Target Rp 5 Triliun
Lelang Empat SUN, Target Rp 5 Triliun
JAKARTA - Untuk memenuhi target pembiayaan dalam postur APBN 2010, Kamis (3/6) hari ini, pemerintah kembali melakukan lelang empat Surat Utang Negara (SUN). Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kemenkeu, Rahmat Waluyanto, mengatakan bahwa target dari lelang empat SUN tersebut adalah Rp 5 triliun. "Jumlah indikatif yang dilelang sebesar Rp 5 triliun dari empat SUN tersebut," kata Rahmat kepada wartawan, di kantor Menko Perekonomian, Jakarta.

Dalam siaran pers yang diberikan kepada wartawan, dijelaskan Rahmat bahwa SUN yang akan dilelang pada hari ini, mempunyai nominal per unit sebesar Rp 1 juta. Di antara seri-seri yang dilelang adalah seri SPN20110609, dengan pembayaran bunga secara diskonto dan jatuh tempo tanggal 9 Juni 2011 (tenor 1 tahun). Kemudian, ada seri FR0027 (re-opening) dengan tingkat bunga tetap (fixed rate) sebesar 9,50 persen dan jatuh tempo tanggal 15 Juni 2015, serta pembayaran kupon dilakukan setiap tanggal 15 Juni dan 15 Desember.

Seri lainnya adalah FR0040 (re-opening), dengan tingkat bunga tetap sebesar 11,00 persen dan jatuh tempo tanggal 15 September 2025, serta pembayaran kupon setiap tanggal 15 Maret dan 15 September. Selanjutnya, ada seri FR0052 (re-opening), dengan tingkat bunga tetap sebesar 10,50 persen dan jatuh tempo tanggal 15 Agustus 2030, sementara pembayaran kupon dilakukan setiap tanggal 15 Februari dan 15 Agustus.

Dijelaskan, penjualan SUN tersebut akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem pelelangan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI). Lelang bersifat terbuka (open auction), dengan menggunakan metode harga beragam (multiple price). Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian kompetitif (competitive bids), akan membayar sesuai dengan yield yang diajukan. Sedangkan pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian non-kompetitif (non-competitive bids), akan membayar sesuai dengan yield rata-rata tertimbang (weighted average yield) dari penawaran pembelian kompetitif yang dinyatakan menang.

JAKARTA - Untuk memenuhi target pembiayaan dalam postur APBN 2010, Kamis (3/6) hari ini, pemerintah kembali melakukan lelang empat Surat Utang Negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News