Lepaskan Ainun dengan Kecupan

Lepaskan Ainun dengan Kecupan
Lepaskan Ainun dengan Kecupan
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi inspektur upacara pemakaman istri Presiden ke tiga Hasri Ainun Besari Habibie di Taman Makam Pahlawan Kali Bata, Jakarta Selatan, Selasa (25/5). Upacara yang dimulai tepat pukul 11.25 Wib ini berlangsung khidmat. Nampak, Presiden SBY berjalan di belakang keranda  jenazah yang diusung oleh pasukan TNI. Sementara di belakang SBY, Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie, yang diapit dua cucu perempuannya serta Ibu negara Ani Yudhoyono.

Habibie yang masih mengenakan baju batik warna coklat tak mampu menyembunyikan kesedihannya. Ia nampak lemas, bahkan beberapa kali ia terpaksa harus dipapah, tak kuasa melepas istri tercintanya. Dalam situasi sulitnya, Habibie masih menyempatkan mencium jenazah istrinya sembari memasukkan tanah  ke dalam peti jenazah. Habibie nampakl sangat sedih atas kepergian istrinya.

Dalam sambutannya, Presiden SBY menyatakan bahwa Almarhum Ainun Habibie telah mendampingi Presiden ke tiga Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie dalam menunaikan tugas kenegaraan yang sangat berat. Dengan penuh kesetiaan dan kepercayaan, almarhumah senantiasa mendampingi Habibie melewati hari-hari yang tidak mudah dalam satu periode sejarah yang sangat menentukan, yakni ketika negara sedang diguncang krisis 1998-1999, seiring dengan dilakukannya reformasi nasional yang cukup dramatis.

"Indonesia telah kehilangan salah seorang tokoh wanita terbaik, seorang Ibu negara yang penuh kasih, pejuang kemanusiaan yang tulus, serta seorang Ibu dalam sebuah keluarga panutan," kata SBY. "Dalam suka dan duka, beliau selalu tegar dalam menjalankan tugasnya sebagai Ibu negara," tegas Presiden. Dalam kesempatan itu, Presiden SBY juga menegaskan, bahwa sepanjang hidupnya almarhumah telah menunjukkan dharma baktinya kepada negara maupun masyarakat, dan dengan penuh ketulusan.Hingga akhir hayatnya, Ibu Ainun Habibie adalah Ketua Umum Perhimpunan Penyantun Mata Tunanetra Indonesia (PPMTI) dan Pengurus Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orang Tua Bimbing Terpadu (YAAB-ORBIT). Dedikasi yang tak berkesudahan kepada nilai-nilai kemanusiaan menjadi bukti nyata keteladanan Almarhumah.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi inspektur upacara pemakaman istri Presiden ke tiga Hasri Ainun Besari Habibie di Taman Makam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News