Letkol Saheri Mengajak Generasi Muda, PNS hingga Honorer Ikut Seleksi Komcad

Letkol Saheri Mengajak Generasi Muda, PNS hingga Honorer Ikut Seleksi Komcad
Dandim 1811/Peradaban Teluk Wondama Letkol Inf Saheri (tengah) duduk bersampingan dengan Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor saat mengikuti sosialisasi tentang Komcad secara virtual di Markas Kodim XVIII/Peradaban Teluk Wondama di Rasiei. ANTARA/HO-Zack Tonu B.

jpnn.com - WASIOR - Dandim 1811/Peradaban Teluk Wondama Letkol Inf Saheri mengajak generasi muda di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, ambil bagian dalam seleksi Komponen Cadangan (Komcad).

Saheri menargetkan 100 pemuda Wondama bisa mengikuti seleksi menjadi personel Komcad pada tahun ini.

Selain dari masyarakat umum, kata Letkol Saheri, peserta Komcad diharapkan juga berasal dari kalangan PNS, serta honorer.

Hal itu dalam rangka upaya ikut terlibat pembentukan sistem pertahanan rakyat semesta (sishankamrata).

"Sesuai arahan dirjen Kemhan, dibutuhkan sekitar 2.000 orang (untuk Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya). Kalau dibagi 13 kabupaten/kota, ya, minimal dari Wondama itu 100 orang. Ini tugas besar bagi kita semua untuk mengajak para pemuda terutama ASN, Satpol PP, pegawai-pegawai yang baru dan honorer," ujarnya.

Berdasar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan TNI.

Komcad bersifat sukarela atau tidak wajib.

Peserta yang lolos seleksi akan mengikuti pelatihan selama tiga bulan.

Letkol Saheri berharap peserta Komcad juga berasal dari kalangan PNS, serta honorer, dan generasi muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News