Lewat Cara Ini Pegadaian Ajak Warga Desa Madani MengEMASkan Sampah

Lewat Cara Ini Pegadaian Ajak Warga Desa Madani MengEMASkan Sampah
PT Pegadaian menggelar kegiatan edukasi dan literasi yang melibatkan 1.000 nasabah PNM Mekar, yang dilakukan di 10 titik Desa Madani yang tersebar di Indonesia. Foto dok Pegadaian

jpnn.com, JAKARTA - PT Pegadaian menggelar kegiatan edukasi dan literasi yang melibatkan 1.000 nasabah PNM Mekar, yang dilakukan di 10 titik Desa Madani yang tersebar di Indonesia.

Kegiatan tersebut digelar pada 5-7 Juni 2023 di desa-desa yang menjadi binaan PT PNM yang dikenal dengan istilah Desa Madani.

Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah menjelaskan kolaborasi dengan Desa Madani ini sekaligus untuk memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai pengelolaan sampah rumah tangga yang bisa menjadi suatu hal yang bernilai.

Kolaborasi kedua entitas tersebut dilakukan sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang pada jatuh pada 5 Juni 2023 lalu.

“Isu kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab siapa pun, baik perseorangan maupun perusahaan. Oleh karena itu Pegadaian terus memperkenalkan program bank sampah sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mengamalkan Social Development Goals (SDG’s) dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Harapan kami, masyarakat semakin sadar bahwa sampah memiliki nilai tambah bagi pendapatan rumah tangga, selain dari usaha yang telah dilakukan,” ujar Eka.

Eka optimistis kegiatan ini akan berhasil bila kesadaran terus dibangun dan dipupuk kepada masyarakat secara terus menerus.

Pasalnya, komitmen Pegadaian dan PNM akan terus melakukan pendampingan, dengan cara melakukan kegiatan monitoring di 10 titik Desa Madani pascapelaksanaan edukasi dan literasi mengenai program Memilah Sampah Menabung Emas (MSME) di bank sampah yang berkolaborasi dengan Pegadaian.

Selain menggandeng Desa Madani binaan PNM, Pegadaian juga melibatkan pengurus Bank Sampah binaan yang telah diresmikan dengan nama Forum Sahabat Emas Peduli Sampah Indonesia (Forsepsi) untuk membantu menjadi penyuluh edukasi dan literasi bank sampah.

Pegadaian terus memperkenalkan program bank sampah sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mengamalkan Social Development Goals (SDG’s)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News