Lewat Jarkom, Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas

Lewat Jarkom, Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Usman Kansong. Foto Kominfo

jpnn.com, SURABAYA - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Usman Kansong berpesan, khususnya kepada pengelola media center daerah agar terus meningkatkan kemampuan dalam menulis, sehingga mampu menghasilkan karya yang lebih bernilai untuk masyarakat.

Dalam meliput sebuah acara peresmian tidak hanya sekedar menyampaikan seremoni gunting pita atau tekan tombol saja, namun harus mengandung berita atau pesan yang disampaikan kepada publik.

"Bagaimana menulis berita supaya jangan melulu seremonialnya, jangan peresmiannya gunting pita, tetapi apa berita yang terkandung di dalam seremonialnya itu. Supaya apa, supaya berita kita dibaca orang," kata Usman dalam acara Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (JARKOM) Edisi Media Center Daerah 'Mengolah Kegiatan Seremonial Bernilai Berita', Kamis (29/9) di Surabaya.

Menurutnya, jika peresmian suatu kegiatan hanya sebatas seremoni, gunting pita atau tekan tombol saja, maka orang akan malas untuk membaca bahkan media konvensional juga tidak akan mau mengutipnya.

“Kalau berita kita tidak dibaca orang ya capek kita menulis. Berita kita saja tidak dibaca orang apalagi dikutip media,” ujarnya.

Oleh karena itu, para pengelola informasi yakni media center daerah harus mampu mengolah kegiatan seremoni menjadi lebih memiliki makna dan berisi informasi atau berita yang dibutuhkan masyarakat.

Dengan Bimtek, diharapkan para peserta yang merupakan pengelola informasi dari media center di berbagai daerah dapat menambah pengetahuan dan kemampuan menulis berita dalam sebuah kegiatan seremonial.

Pada kesempatan tersebut Usman Kansong juga berpesan kepada para pejuang informasi pada media center daerah untuk mengkomunikasikan narasi tunggal, mendukung dan mempromosikan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022 kepada masyarakat di seluruh daerah.

Kominfo berpesan, khususnya kepada pengelola media center daerah agar terus meningkatkan kemampuan dalam menulis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News