JPNN.com

Libur Panjang Naik Mobil, Pengguna Wajib Cek 5 Komponen Ini

Rabu, 28 Oktober 2020 – 15:44 WIB
Libur Panjang Naik Mobil, Pengguna Wajib Cek 5 Komponen Ini - JPNN.com
Kendaraan di jalan tol (Ilustrasi). Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW mulai 28 Oktober hingga 1 November 2020, banyak dimanfaatkan orang untuk berlibur bersama keluarga, saudara atau kerabat dekat mengendari mobil pribadi.

Yang tak kalah penting, pengguna mobil juga harus mempersiapkan segala hal supaya kendaraan tetap prima, sehingga tidak mengalami kendala pada saat di jalan.

Service Manager Suzuki Sejahtera Buana Trada Pulogadung, Rahadian Wishwadewa mengatakan, sebenarnya banyak yang perlu diperhatikan pada kendaraan ketika berpergian di musim liburan saat ini.

Namun, pria yang karib disapa Dewa itu mengatakan, ada lima komponen saja yang wajib diperhatikan. Sebab, lima komponen ini punya peran penting ketika melakukan perjalan jauh.

Pertama, cek kondisi aki atau batterai. Apabila aki masih menggunakan cairan, pastikan cairan tersebut ada di posisi penuh (tidak kurang).

"Jika pakai aki kering, kita bisa cek pada saat start, bila start mobil ada jeda sampai menyala, lebih baik cek ke bengkel terdekat untuk mengetahui kondisi aki menggunakan battery tester," kata Dewa saat dihubungi JPNN.com, Rabu (28/10).

Kemudian, cek kondisi oli mesin. Pengguna bisa melakukan sendiri dengan cara mengangkat stik oli yang ada di mesin. Dari situ bisa dilihat kualitas dan volume oli mesin kendaraan tersebut.

"Kalau sudah dilihat pastikan posisi oli berada tidak di garis minimum," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy