Lihat Angka-angka ini, Presiden Jokowi Optimistis Indonesia Bisa Menghadapi Tantangan 2022

Lihat Angka-angka ini, Presiden Jokowi Optimistis Indonesia Bisa Menghadapi Tantangan 2022
Presiden Jokowi. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo optimistis Indonesia melalui semangat dan kerja keras bersama bisa melewati tantangan yang ada pada 2022.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu memproyeksi tantangan-tantangan Indonesia, seperti varian Omicron, kenaikan inflasi, tapering off, hingga kelangkaan energi di sejumlah negara bisa dilewati.

"Saya kira tantangan-tantangan itulah yang akan kita hadapi. Dan saya meyakini dengan semangat kerja keras kita bersama tantangan-tantangan itu akan bisa kita lalui dengan baik," ujar presiden membuka Perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) 2022 di Gedung BEI, Jakarta Pusat, pada Senin (3/1).

Presiden menilai pemulihan ekonomi Indonesia cukup kuat melihat sejumlah angka indikator perekonomian.

Neraca perdagangan Indonesia mencatatkan surplus USD 34,4 miliar dan selalu surplus selama 19 bulan.

Angka ekspor secara tahun ke tahun atau year on year juga naik 49,7 persen. Impor bahan baku dan bahan penolong juga naik 52,6 persen.

"Ekspor kita kenapa naik setinggi itu, salah satunya karena kita hentikan ekspor raw material, ekspor bahan mentah dari minerba kita yaitu nikel yang saya lihat biasanya hanya USD 1-2 miliar, kemarin akhir tahun sudah hampir mencapai USD 21 miliar," kata Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menilai kenaikan itu karena keberanian Indonesia menyetop ekspor bahan mentah.

Presiden Joko Widodo membuka Perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) 2022. Dia mengingatkan adanya sejumlah tantangan yang harus dihadapi Indonesia pada tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News