Lihat, Antonov Mendarat di Batam, Mau Angkut Pipa ke Nigeria

Lihat, Antonov Mendarat di Batam, Mau Angkut Pipa ke Nigeria
Pesawat berbadan besar bikinan Rusia, Antonov, mendarat di Hang Nadim, Batam. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Pesawat kargo nomor dua terbesar di dunia, Antonov AN-124/100, mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (31/7) pukul 05.45.

Kedatangan pesawat ini untuk mengangkut 93,5 ton pipa produksi Batam menuju Nigeria.

“Pesawatnya berangkat pukul 11.47 WIB,” kata Direktur BUBU Bandara Hang Nadim, Suwarso, Selasa (31/7).

Suwarso mengatakan, penerbangan pesawat kargo raksasa langsung dari Hang Nadim ini menunjukkan Batam semakin siap menjadi pusat logistik nasional.

Hal ini sejalan dengan langkah dan program Badan Pengusahaan (BP) Batam yang akan mengembangkan Batam sebagai pusat logistik.

Menurut Suwarso, selama ini komiditi ekspor seperti pipa tersebut diekspor melalui Singapura. Produk Batam dikirim ke Singapura dengan kapal, kemudian dijemput pesawat kargo melalui Bandara Changi Singapura.

Penerbangan langsung dari Hang Nadim, kata Suwarso, lebih menarik karena lebih hemat dibandingkan Singapura. Padahal secara kapasitas, Hang Nadim tidak kalah dengan Changi. Apalagi sekarang Hang Nadim memiliki landasan sepanjang 4.025 meter.

“Kalau soal harga, kita jauh lebih murah. Mulai dari landing fee dan parkir,” tutur Suwarso.

Pesawat kargo nomor dua terbesar di dunia, Antonov AN-124/100, mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (31/7) pukul 05.45.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News