Lihat, Ini Wajah Tujuh Napi Lapas Binjai yang Kabur

Lihat, Ini Wajah Tujuh Napi Lapas Binjai yang Kabur
Tujuh napi yang kabur dari Lapas kelas IIA Binjai, Sumut. Foto: sumutpos/jpg

jpnn.com, MEDAN - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Sumatera Utara, Senin (18/12), merilis tujuh wajah narapidana dan tahanan Lapas Binjai yang kabur.

Selain merilis foto para napi yang kabur, Kanwil Kemenkum HAM Sumut menegaskan bahwa ada faktor kelalaian petugas keamanan Lapas sehingga tujuh Napi Lapas Klas IIA Binjai berhasil kabur.

Untuk itu, Kemenkum HAM Sumut langsung menerjunkan tim melakukan investigasi internal.

"Untuk pemeriksaan, dari Jakarta langsung mengarahkan Kanwil untuk turun. Satu tim dari Kanwil dan satu tim dari UPT (Lapas Binjai). Jadinya, tim gabunganlah ini," ungkap Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Sumut, Hermawan Yunianto saat dikonfirmasi Sumut Pos (Jawa Pos Group), Senin (18/12) siang.

"Pasti, pasti ada kelalaian petugas. Sudah dipastikan ini human eror. Kalau petugas iya (kelalaian). Namun, ini bukan menjadi alasan utama. Saya juga memerintah Kepala Lapas untuk memeriksa langsung anggotanya," tutur Hermawan.

Hermawan menjelaskan, kelalaian dilakukan petugas melihat situasi. Dimana ketujuh napi saat itu, berada di Strap Sel (sel hukuman). Namun ia mengatakan, kenapa ketujuh napi itu bisa keluar dari ruang sel hukuman tersebut. Mereka sedang menjalani hukuman, karena tidak displin.

"Tujuh orang ini melanggar disiplin dan ditempati di strap sel. Mereka melarikan diri dengan cara menggergaji teralis besi di kamar mandi. Kalau tidak sering dicek setiap hari, ya seperti ini kejadiannya," katanya.

Ia juga mengungkapkan akan melakukan penyidikan, kenapa bisa gergaji bisa masuk kedalam Lapas Klas II A Binjai tersebut. Kemudian, rencana pelarian sudah dilakukan secara matang dan dilakukan beberapa hari, untuk menggergaji teralis besi tersebut.

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Sumut, Senin (18/12), merilis tujuh wajah narapidana dan tahanan Lapas Binjai yang kabur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News