Lihat! Kaca Ngalam, Jembatan Kaca Pertama di Indonesia

Lihat! Kaca Ngalam, Jembatan Kaca Pertama di Indonesia
PENGHUBUNG DUA KAMPUNG: Para model beraksi di Jembatan Kaca Ngalam Indonesia, Senin (9/10). Ilustrasi : Radar Malang

jpnn.com, MALANG - Belasan model berlenggok-lenggok di atas jembatan yang berdiri di atas sungai, setinggi hampir 10 meter. Jembatan Kaca Ngalam Indonesia, menyatukan dua perkampungan padat penduduk di Kota Malang. Itulah jembatan kaca pertama di Indonesia.

Menghubungkan Kampung Warna-warni Jodipan di Kelurahan Jodipan dengan Kampung Tridi (3D) di Kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Sebelum jembatan dengan enam tali baja di sebelah utara tersebut dibangun, wisatawan yang ingin menikmati kedua sisi kampung jujukan wisata di Malang itu harus lumayan berkeringat. Menaiki puluhan anak tangga dan memutar lewat Jembatan Brantas sejauh sekitar 500 meter.

”Saya kira akan semakin banyak wisatawan lokal dan asing yang datang ke Kota Malang. Salah satunya ke jembatan ini,” kata Wali Kota Malang M. Anton setelah meresmikan jembatan tersebut kemarin (9/10) seperti dilansir Jawa Pos Radar Malang.

Anton turut menjajal melintasi jembatan itu bersama pengasuh Pondok Pesantren Az Zainy Tumpang KH Zain Baik dan Wakil Presiden PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana) Steven A. Sugiharto. Turut mendampingi Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Nurul Yakin, Wakil Ketua DPRD Kota Malang Zainuddin, dan Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad.

Dengan keberadaan Jembatan Kaca Ngalam Indonesia tersebut, berkunjung ke kawasan itu seolah mendapatkan paket 3 in 1. Dua kampung artistik penuh warna plus jembatan kaca satu-satunya di Indonesia.

Jembatan kaca tersebut mulai dibangun 8 Juli 2017. Tingginya mencapai 9,5 meter. Dengan panjang 20 meter dan lebar 1,25 meter, jembatan itu bisa menahan beban hingga 250 kg. Atau kira-kira sebanyak 50 orang.

Adalah Khairul Ahmad dan Mahatma Aji Pangestu yang mendesain jembatan tersebut. Dua mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu ditunjuk lantaran pengalaman mereka sebagai juara Kontes Jembatan Indonesia dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia pada 2015.

Adalah Khairul Ahmad dan Mahatma Aji Pangestu yang mendesain jembatan kaca pertama di Indonesia tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News