Lima Langkah Mudah Menghilangkan Stres

Lima Langkah Mudah Menghilangkan Stres
Stres. Ilustrasi.

jpnn.com - Setiap orang pasti pernah mengalami stres, entah itu stres level ringan atau akut. Ganguan mental ini tidak hanya berdampak pada kondisi psikis. Stres juga bisa berpengaruh pada berat badan, kehidupan seksual, kerontokan rambut dan penyakit kronis.

Beruntung bagi kita, tidak seperti tubuh kita, yang membutuhkan lebih banyak waktu dan perhatian, otak kita mungkin membutuhkan hanya 5 menit atau lebih dan 5 langkah ini untuk menghilangkan stres, seperti dilansir laman India Times.

Langkah 1: Penting untuk mengenali emosi Anda terlebih dahulu

Penelitian menyatakan bahwa langkah pertama untuk mengatasi stres adalah dengan mengenali emosi Anda dan memberinya label dengan kata sifat yang masuk akal bagi Anda. Ini adalah langkah pertama menuju proses pembersihan diri Anda secara emosional.

Langkah 2: Tarik nafas dalam-dalam

Ini adalah salah satu teknik yang selalu ada dan berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan de-stres. Gunakan pernapasan perut untuk segera membebaskan diri dari stres. Tarik napas dan hembuskan napas dalam-dalam hingga hitungan lima.

Lakukan ini setidaknya selama 30 detik. Lakukan upaya sadar untuk mengendurkan seluruh tubuh Anda saat Anda melakukan ini. Ini mungkin cara paling sederhana dan paling efektif untuk menenangkan diri.

Langkah 3: Tulis semua keluhan Anda

Otak kita mungkin membutuhkan hanya lima menit atau lebih dan lima langkah ini untuk menghilangkan stres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News