JPNN.com

Lima Orang Terpaksa Batal Naik Haji Kloter I

Rabu, 10 Agustus 2016 – 17:00 WIB Lima Orang Terpaksa Batal Naik Haji Kloter I - JPNN.com

SURABAYA--Kepala Kemenag Jatim Mahfud Shodar lega satu kloter calon jemaah haji (CJH) telah berangkat.  Dia menyebutkan, ada lima orang dari kloter pertama yang gagal berangkat ke Tanah Suci. Satu meninggal dan dua orang sakit. Lalu, istri dua jamaah yang sakit memilih menemani suami.

''Total seluruhnya menjadi lima jamaah,'' katanya.

Kloter I itu sudah berangkat kemarin pukul 10.30 menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5205. Tidak ada pelepasan resmi di bandara. Semua dipusatkan di Asrama Haji Embakasi Surabaya (AHES) Sukolilo.

Jemaah haji dilepas pukul 08.00 oleh Gubernur Jatim Soekarwo di AHES. Sebelumnya, mereka dikumpulkan di Aula Bir Ali pukul 07.00. Mereka menjalani pemeriksaan oleh petugas avian security (Avsec) Bandara Internasional Juanda.

Pemeriksaannya relatif lama. Satu per satu barang jamaah diperiksa. Masih ada paku, gunting, pisau, dan minyak goreng. Ada beberapa biji jagung mentah. Kabarnya, biji jagung itu digunakan untuk memberi makan burung merpati di Tanah Suci.

Setelah pemeriksaan, CJH berkumpul di lantai 1 AHES. Soekarwo meminta jamaah selalu menjaga kesehatan. Proses ibadah di Tanah Suci sangat panjang. Dibutuhkan stamina yang kuat agar semua proses bisa terlaksana dengan baik.

''Jangan segan-segan meminta bantuan atau informasi dari petugas,'' katanya.

Apalagi, cuaca di Tanah Suci sangat panas. Berdasar informasi, suhu di Arab Saudi mencapai 50-52 derajat Celsius. Pada suhu tersebut, jemaah rawan terserang heat stroke.

Soekarwo juga berpesan agar jamaah membawa nama baik masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Timur. Jemaah merupakan duta bagi negara, provinsi, dan daerahnya masing-masing. Berhati-hati lah selama berada di Tanah Suci.

 ''Semoga semua kembali di Jawa Timur dengan predikat haji mabrur,'' ujar Soekarwo.

Hari ini pemberangkatan haji masih berlangsung. Yakni, kloter 2, 3, dan 4. Mereka merupakan CJH dari Bangkalan. Masing-masing kloter tersebut tiba di AHES kemarin pada pukul 15.30, 17.30, dan 19.30. (tau/riq/c20/dos/flo/jpnn)

 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...