LLP-KUKM Perluas Akses Pasar KUKM ke Tiongkok

LLP-KUKM Perluas Akses Pasar KUKM ke Tiongkok
Direktur Utama LLP KUKM Ahmad Zabadi (tengah) pose bersama peserta kurasi produk KUKM. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM, membidik pasar di Tiongkok.

Kali ini, sasarannya adalah penjualan produk KUKM di dalam penerbangan pesawat dalam dan luar negeri, atau blocking space permanen display produk di kawasan bisnis Beijing, Tiongkok.

Untuk merealisasikannya, LLP-KUKM menggelar kurasi produk KUKM yang akan masuk ke pasar Tiongkok, bekerja sama dengan diaspora Indonesia di Tiongkok yang diketuai Yenni Thamrin.

Kurasi diikuti 250 KUKM dan dibuka oleh Direktur Utama LLP KUKM Ahmad Zabadi. Hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta serta tim dari Rodamas yang melakukan kurasi produk KUKM untuk masuk di penerbangan pesawat Garuda Indonesia dan Citilink.

Ahmad Zabadi mengatakan, para pelaku usaha harus bisa memanfaatkan peluang dengan baik dan mengambil langkah strategis agar siap menghadapi persaingan dengan negara ASEAN.

“Peluang yang ada harus diraih. Pelaku usaha juga harus meningkatkan kualitas produk. Pemerintah akan terus membantu agar bisa bersaing dengan produk-produk asing, salah satunya di Tiongkok," kata Zabadi di Jakarta, Minggu (29/1).

Menurutnya, Tiongkok merupakan pasar yang bagus untuk produk kerajinan Indonesia seperti batik, home decor, craft, dan furniture. Selain karena daya beli masyarakat yang tinggi, diaspora Indonesia siap memfasilitasi pemasaran produk Indonesia di Negeri Tirai Bambu itu.

“Pelaku usaha yang lolos kurasi produknya akan dikirim ke pusat perbelanjaan produk kerajinan negara-negara ASEAN di distrik Chaoyang, Beijing. Mereka tidak perlu membayar sewa tempat dan sales assistant karena biaya tersebut akan difasilitasi oleh diaspora Indonesia,” terang Zabadi.

Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM, membidik pasar di Tiongkok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News