Loh..Tidak Diusulkan Pansel Kok Bisa Jadi Anggota KNKT?

Loh..Tidak Diusulkan Pansel Kok Bisa Jadi Anggota KNKT?
Loh..Tidak Diusulkan Pansel Kok Bisa Jadi Anggota KNKT?

jpnn.com - JAKARTA – Kisruh keanggotaan Capt FX Nurcahyo Utomo dalam Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) semakin memanas. Pasalnya, sejumlah tokoh yang sebelumnya duduk sebagai panitia seleksi calon anggota KNKT, mengaku tidak pernah merekomendasikan nama Nurcahyo ke Presiden Joko Widodo pada 2014 lalu. 

"Saya sama dengan Pak Budi (Budi Hartanto Susilo, mantan anggota pansel,red), tidak ada nama Nurcahyo dalam seleksi yang kami lakukan. Tapi nanti saya coba cek-cek dokumen dulu. Tapi prinsipnya, saya sama dengan Pak Budi,” ujar mantan anggota pansel KNKT Nugroho Indrio, Selasa (13/9).

Pandangan senada juga dikemukakan anggota KNKT yang sebelumnya mengkuti proses seleksi, Leksmono Suryo Putranto. Menurutnya, saat diundang secara resmi menjalani fit and proper test beberapa waktu lalu, tidak ada nama Nurcahyo. Hal tersebut diketahui karena dalam undangan yang diterima juga dilampiri Surat Keterangan Pansel terkait 12 nama yang lolos tahap seleksi.

"Undangannya ada lampiran hasil Pansel itu November 2014. Seingat saya waktu itu tidak ada nama Nurcahyo. Di website juga ditampilkan, dan tidak ada nama Nurcahyo. Enggak tahu kalau sekarang. Itulah terakhir kali pansel mengeluarkan nama yang diajukan ke presiden. Jadi nama Nurcahyo di luar proses pansel yang kami ketahui," ujar Leksmono.

Anggota KNKT lainnya Aldrin Dalimunthe juga berpandangan sama. Menurutnya, saat pengumuman November 2014 lalu, tercatat ada 12 nama. Namun tidak tertera nama Nurcahyo. 

"Memang pada waktu saya melihat 12 orang, tapi tidak ada Pak Nurcahyo. Tidak ada dia jadi peserta," ujar Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Pelayaran KNKT tersebut.

Nurcahyo diketahui duduk sebagai anggota KNKT setelah sebelumnya Dede Farhan Aulawi mengundurkan diri, Agustus 2015. Namun pengangkatan dinilai tidak sah oleh Anggota Komisi V DPR Anton Sihombing. 

Karena nama yang diusulkan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, bukan merupakan bagian dari nama hasil seleksi pansel. Namun anehnya dalam surat Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono yang diajukan ke Menteri Perhubungan untuk diteruskan ke presiden, Nurcahyo disebut merupakan nama hasil dari panitia seleksi.(gir/jpnn)


JAKARTA – Kisruh keanggotaan Capt FX Nurcahyo Utomo dalam Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) semakin memanas. Pasalnya, sejumlah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News