Jumat, 24 Mei 2019 – 19:57 WIB

Mahfud MD Sambangi Gedung KPU, Ada Apa?

Rabu, 24 April 2019 – 21:39 WIB
Mahfud MD Sambangi Gedung KPU, Ada Apa? - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyambangi Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (24/4) ini. Dalam kedatangannya, Mahfud menyampaikan dukungan ke KPU menuntaskan pekerjaan di Pemilu 2019.

Terutama, Mahfud menyoroti kesalahan input data formulir C1 ke dalam Sistem Informasi Penghitungan (Situng). Menurut dia, kesalahan entri data tidak besar. Dalam hitungannya, kesalahan itu berjumlah 0,0004 persen dibanding semua data yang sudah masuk.

BACA JUGA: Data C1 Tak Sinkron, Minta Hitung Ulang Suara

"Kekeliruan itu berarti hanya ada 0,0004 persen. Berarti ada 1 dibanding 2.500 TPS," kata Mahfud di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Mahfud mengatakan, kesalahan entri data yang kecil tidak bisa diartikan KPU melakukan kecurangan secara terstruktur, sistematis, dan masif. Terlebih lagi, KPU beritikad baik dengan memperbaiki kesalahan entri data.

"Dari situ, menjadi tidak mungkin kalau mau ada rekayasa terstruktur. Kalau terstruktur mestinya (kesalahan) berpersen-persen. Enggak mungkin ada kesengajaan," ungkap dia.

BACA JUGA: Jangan Grasa - Grusu Wacanakan Pemisahan Pemilu Serentak

Mahfud berharap, masyarakat tidak termakan isu hoaks untuk mendelegitimasi KPU dari kesalahan entri data ini. Pihak yang keberatan atas hasil hitungan KPU dalam Pemilu 2019, dapat menempuh jalur konstitusional yakni melalui koridor hukum.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar