Maju Pilpres 2019, Tuan Guru Bajang Didukung Buruh Cikarang

Maju Pilpres 2019, Tuan Guru Bajang Didukung Buruh Cikarang
Tuan Guru Bajang. Foto: Istimewa

jpnn.com, CIKARANG - Dukungan untuk Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) Dr. H. Zainul Majdi, M.A, maju dalam Pemilihan Presiden 2019-2024 terus berdatangan dari berbagai kalangan masyarakat.

Setelah dukungan dari kalangan petani dan nelayan serta petambak garam, kini dukungan muncul dari kalangan buruh yang menamakan Solidaritas Buruh Cikarang Raya.

Koordinator Solidaritas Buruh Cikarang Raya Lukman Hakim mengatakan, dukungan kalangan buruh muncul setelah melihat kiprah TGB dalam mengelola isu perburuhan selama memimpin provinsi Nusa Tengara Barat dua periode.

"Kami menilai kebijakan perburuhan beliau cukup baik selama di NTB, dan kebijakan pro buruh ini, kami harap dapat diterapkan di level nasional jika beliau tampil memimpin bangsa ini ke depan," ujar Lukman, Jumat (2/3).

Dalam hal penetapan upah buruh misalnya, Lukman menilai, TGB berani menetapkan persentase kenaikan besaran upah buruh di atas persentase yang ditetapkan pemerintah.

Seperti diketahui, TGB telah memutuskan Upah Minimum Provinsi Tahun 2018 naik sebesar 11,87 persen.

Besaran kenaikan UMP yang ditetapkan oleh TGB ini lebih tinggi dari usulan Apindo sebesar 8,71 persen, dan sedikit lebih rendah dari usulan serikat pekerja/buruh sebesar 13,96 persen. Sedangkan usulan pemerintah 11,71 persen.

Selain itu, Lukman menilai, TGB juga telah menunjukkan keberpihakan terhadap pekerja perempuan. Hal lain yang diapresiasi Lukman adalah sikap TGB yang mau membuka dialog dengan buruh.

Dukungan untuk Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) Dr. H. Zainul Majdi, M.A, maju dalam Pemilihan Presiden 2019-2024 terus berdatangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News