Majukan Vokasi Industri, Kemenperin Luncurkan Industrial Vocational Year 2023

Majukan Vokasi Industri, Kemenperin Luncurkan Industrial Vocational Year 2023
Majukan Vokasi Industri, Kemenperin Luncurkan Industrial Vocational Year 2023. Foto: Kemenperin

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan memperkuat sektor industri dan menyediakan tenaga kerja industri yang adaptif terhadap perkembangan teknologi industri.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan penyediaan sumber daya manusia (SDM) kompeten merupakan bagian investasi pengembangan industri.

"Upaya perbaikan pendidikan dan pelatihan vokasi menjadi penting untuk menjembatani kebutuhan tersebut,” ujar Menteri Agus Gumiwang dalam keterangannya, Minggu (27/11).

Dalam pelaksanaannya, Kemenperin melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis teknologi sebagai salah satu strategi pemenuhan kebutuhan tenaga kerja industri di era digitalisasi industri 4.0.

Pada minggu ke-4 November 2022, BPSDMI menggelar Industrial Vocational Week (IVW) 2022 dalam upaya menyosialisasikan pengembangan SDM Industri melalui program vokasi industri.

Penyelenggaraan kegiatan ini melibatkan 144 perusahaan industri, 127 peserta dari KADIN, KADINDA, dan para mitra, serta 947 dari SMK dan politeknik secara offline, online, dan hybrid dengan total 1.730 peserta.

Kegiatan yang berlangsung mulai 21 hingga 24 November 2022 ini dilanjutkan dengan Launching of Industrial Vocational Year (IVY) 2023 di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta.

Kepala BPSDMI Arus Gunawan menuturkan keberhasilan program pendidikan dan pelatihan vokasi karena terjalinnya kemitraan antara lembaga pendidikan dan pelatihan dengan industri.

Kemenperin berkomitmen majukan vokasi Industri dengan meluncurkan Industrial Vocational Year 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News