Makassar Lebih Cocok jadi Ibukota Negara

Makassar Lebih Cocok jadi Ibukota Negara
Makassar Lebih Cocok jadi Ibukota Negara
JAKARTA – Anggota DPD perwakilan Maluku Jhon Pieris mendukung wacana pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke daerah lain. Menurutnya, pemindahan ibukota layaknya di Makassar Sulawesi Selatan dan Palangkaraya Kalimantan Tengah.

“Saya kira dua daerah ini sangat cocok untuk dijadikan pusat pemerintahan karena berada di tengah-tengah,” kata Jhon Pieris pada diskusi kenegaraan bertajuk “Tentang Urgensi Pemindahan Pusat Pemerintahan ke Kota Selain Jakarta,” di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/8).

Menurut Jhon, pemindahan ibukota juga harus berfungsi integratif yang menampung aspirasi politik. Dengan dipilihnya Makassar kata dia, akan bisa meredam adanya gejolak permintaan merdeka di Papua dan Maluku karena lebih dekat jangkauannya. “Kalimantan bisa tertolong, NTT, dan Papua. Mungkin rencana merdeka bisa satu abad lagi di Papua karena dekat di Makassar,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Lembaga Demografi Universitas Indonesia, Sonny Harry B Harmadi. Hanya saja kata dia, perlu ada kemauan politik yang besar dari pemerintah untuk merealisasikan pemindahan ibukota negara.

JAKARTA – Anggota DPD perwakilan Maluku Jhon Pieris mendukung wacana pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke daerah lain. Menurutnya, pemindahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News