Makhluk Berukuran Besar Ini Menampakkan Diri sebelum Gempa 6,7 SR Mengguncang Banten

Makhluk Berukuran Besar Ini Menampakkan Diri sebelum Gempa 6,7 SR Mengguncang Banten
Kemunculan Geger Lintang atau Hiu Paus di Pantai Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar yang sempat difoto wisatawan beberapa jam sebelum terjadi Gempa Banten M 6,7 yang berpusat di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandegelang, pada Jumat (14/1). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

jpnn.com, SUKABUMI - Geger Lintang yang lebih dikenal Hiu Paus atau Hiu Bentang muncul berenang mendekati bibir Pantai Citepus Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, beberapa jam sebelum gempa 6,7 SR mengguncang Banten, Jumat (14/12022).

Petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Asep Saepulloh atau Asep Edom mengatakan Hiu Paus tersebut sempat berenang mendekati bibir Pantai Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

“Kemunculannya sekitar pukul 10.00 WIB dan beberapa wisatawan sempat memotret dan merekamnya dengan handphone dan kebetulan saya juga berada di lokasi," kata Asep kepada wartawan di Sukabumi, Jumat.

Menurut Asep Edom, warga di Palabuhanratu menyebut Geger Lintang ini dengan sebutan Hiu Bentang, meskipun berukuran besar tetapi tidak menyerang manusia.

Kemungkinan Hiu Bentang mendekati bibir pantai karena sedang menyantap ikan-ikan kecil atau plankton.

Tetapi dirinya, tidak ingin mengaitkan kemunculan Geger Lintang ini dengan kejadian gempa bumi yang berpusat di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten pada pukul 16.05 WIB.

Ia menganggap kemunculan hiu bernama ilmiah Rhincodon typus tengah mencari makan.

Namun, harus diakui Hiu Bentang sangat jarang melintas di Pantai Citepus dan sekitarnya apalagi sampai mendekati bibir pantai.

Geger Lintang yang lebih dikenal Hiu Paus atau Hiu Bentang muncul berenang mendekati bibir Pantai Citepus Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, beberapa jam sebelum gempa 6,7 SR mengguncang Banten, Jumat (14/12022).