Maksimalkan Layanan, Pelni Rilis Aplikasi IMRK Tol Laut

Maksimalkan Layanan, Pelni Rilis Aplikasi IMRK Tol Laut
Sosialisasi dan registrasi IMRK Tol Laut di Surabaya. Foto: Istimewa

jpnn.com, SURABAYA - Agar penyaluran subsidi angkutan Tol Laut tepat sasaran, PT Sarana Bandar Nasional (SBN) atau Pelni Logistics, anak usaha PT Pelni (Persero) merilis aplikasi Informasi Muatan dan Ruang Kapal (IMRK) Tol Laut.

Direktur Operasi dan Pengembangan Usaha SBN Capt. Murdiyoto mengatakan, aplikasi IMRK Tol Laut merupakan pengembangan dari aplikasi cargo reservation and tracking system untuk muatan kapal penumpang Pelni yang telah dirilis pada Januari 2018.

Menurutnya, aplikasi ini secara umum menyediakan informasi muatan dan kapasitas ruang kapal yang digunakan untuk melayani Tol Laut. Untuk tahap awal, aplikasi IMRK Tol Laut baru bisa diakses melalui website.

"Dalam waktu kurang lebih satu bulan bisa digunakan oleh para shipper melalui smartphone yang diunduh menggunakan Google Play Store atau App Store," tutur Murdiyoto dalam siaran tertulisnya, Jumat (13/4).

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mensosialisasikan penggunaan aplikasi IMRK Tol Laut kepada para pemangku kepentingan, mulai dari BUMN pengirim muatan Tol Laut, para instansi dan asosiasi terkait serta para perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) di Provinsi Jawa Timur.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Antar-lembaga Buyung Lalana mengatakan, perlakuan kapal Tol Laut berbeda dengan kapal komersial. Oleh karena itu, dia meminta operator dan mengikuti aturan penggunaan ruang kapal.

"Penerapan aplikasi Informasi Muatan Ruang Kapal (IMRK) berbasis online ini akan mengurangi disparitas harga dan menjaga subsidi program Tol Laut tepat guna dan tepat sasaran,” jelasnya.

Sementara, Kasubdit Angkutan Dalam Negeri Kemenhub Capt. Wisnu Handoko menjelaskan bahwa aplikasi IMRK mencakup informasi pengirim dan penerima barang, jenis barang, kuota muatan tersedia dan prioritas muatan.

Agar penyaluran subsidi angkutan Tol Laut tepat sasaran, Pelni Logistic merilis aplikasi Informasi Muatan dan Ruang Kapal (IMRK) Tol Laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News