Malam Ini, Perwakilan RI ke Tunisia

Pulangkan 32 TKI Ilegal

Malam Ini, Perwakilan RI ke Tunisia
Malam Ini, Perwakilan RI ke Tunisia
JAKARTA - Tim perwakilan RI malam ini dijadwalkan akan bertolak ke Tunisia. Hal tersebut berkaitan dengan masalah yang menimpa 32 tenaga kerja Indonesia (TKI).

"Ke-32 TKI ini non-prosedural. Selain itu, ada dugaan unsur trafficking-nya. Makanya perwakilan RI akan memulangkan mereka ke tanah air," kata Tatang Budie Utama Razak, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia pada Direktorat Jenderal Protokoler dan Konsuler Kementerian Luar Negeri (Kemlu), dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR RI, Senin (24/1).

Dijelaskan Tatang, warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Tunisia ada 120 orang. Berhubung keadaan di Tunisia kurang kondusif akibat bencana, perwakilan RI telah mengevakuasi dan menampung 72 orang. Sisanya (32 orang) harus dipulangkan, karena TKI yang semuanya bekerja sebagai pembantu itu ternyata menyalahi prosedur.

Sedangkan mengenai tindakan trafficking yang menimpa para TKI Tunisia ini, Tatang mengaku telah bekerja sama dengan Bareskrim Polri untuk mengusutnya. "Kementerian Luar Negeri sudah meminta Bareskrim untuk mengusut kasus kekerasan terhadap TKI kita di Tunisia. Mudah-mudahan hasilnya sudah ada secepatnya," ujarnya.

JAKARTA - Tim perwakilan RI malam ini dijadwalkan akan bertolak ke Tunisia. Hal tersebut berkaitan dengan masalah yang menimpa 32 tenaga kerja Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News