Minggu, 17 Desember 2017 – 22:47 WIB

Tausiyah Ramadan (7)

Manfaatkan Kekuatan Doa di Bulan Pengampunan

Jumat, 26 Juni 2015 – 12:04 WIB
Manfaatkan Kekuatan Doa di Bulan Pengampunan - JPNN.COM

ALLAH SWT menciptakan manusia dengan beragam kelebihan yang tidak diberikan kepada mahkluk yang lain. Potensi yang Allah SWT berikan bahkan melampaui apa-apa yang diberikan kepada makhluk sekelas malaikat. Hal ini Allah SWT tegaskan langsung lewat firman-Nya dalam Alquran surat Al-Isro ayat 115-116. "Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkat mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan." 

Allah SWT pun mengistimewakan manusia dengan memerintahkan seluruh makhluk di alam raya ini untuk sujud dan menyembah kepada manusia pertama bernama Adam. Sebuah penghormatan luar biasa yang belum pernah Allah SWT berikan kepada mahkluk selain manusia. Tak heran jika Dia mewasiatkan bumi ini untuk dikelola dan diurus oleh manusia. Persoalannya sekarang adalah apakah sudah cukup bekal dan potensi yang manusia dapatkan untuk berhasil menjadi pemimpin di muka bumi ini?

Jika menilik sejarah ummat terdahulu dan menyaksikan langsung kehidupan manusia saat ini, sudah pasti jawabannya belum cukup. Manusia harus menyadari bahwa dia memerlukan tambahan energi yang bisa membantu menguatkan menjadi pribadi yang kuat. Energi tersebut adalah doa. Ya, doa. Doa adalah senjata seorang mukmin untuk melengkapi ikhtiar yang dijalankan. Doa adalah upaya kita untuk menghadirkan Allah SWT ke dalam setiap persoalan. 

Kekuatannya pun sudah pasti sangat dahsyat karena lewat doa jarak kita dengan Allah SWT akan terasa semakin dekat. Allah SWT berfirman dalam Alquran surat QS Albaqarah ayat 186. "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Di bulan Ramadan ini, alangkah baiknya jika kekuatan doa kita hadirkan di seluruh rutinitas kita.

Ada beberapa alasan kenapa bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat dan terbaik untuk doa kita panjatkan. Salah satunya karena doa orang yang tengah berpuasa langsung diijabah (dikabulkan) oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi," hadits riwayat Imam Ahmad. Kita yang berada dalam bulan Ramadan ini menjadi salah satu kategori dari doa yang tidak ditolak oleh Allah SWT. 

Oleh karena itu tidak ada alasan untuk absen berdoa di bulan ini. Sebab, sekaya dan setinggi apapun pangkat kita sudah pasti membutuhkan peran Allah SWT lewat bantuan doa. Apalagi, Allah SWT menjamin bagi orang yang berdoa di bulan ini akan dikabulkan. Allah SWT sebenarnya sudah tau apa yang kita butuhkan dalam hidup ini. Dia pun amat sangat mudah memberikannya tanpa bantuan doa sekalipun.

Tapi lewat doa Allah SWT ingin melihat hamba-Nya yang selalu bergantung dan berharap kepada-Nya. Dengan doa Dia bisa membedakan siapa manusia yang berserah diri pada-Nya secara total, dan siapa manusia yang setengah-setengah atau bahkan ingkar terhadap nikmat-Nya.

SHARES
TAGS   tausiyah ramadan
loading...
loading...
Komentar