Mantan Menkes Disebut Terlibat Korupsi

Mantan Menkes Disebut Terlibat Korupsi
Mantan Menkes Disebut Terlibat Korupsi
JAKARTA - Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari disebut-sebut terlibat dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan alat kesehatan (Alkes) penanganan flu burung pada tahun 2006. Menteri di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid Satu ini yang memerintahkan proyek yang diduga merugikan negara miliaran rupiah.

Hal itu diungkap Mantan Direktur Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan, Ratna Dewi Umar saat hadir di Gedung Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). "Saya hanya melaksanakan perintah Menkes. Siapa nama menterinya ketika itu, cek saja pada tahun 2006 siapa. Anda pasti tahu," kata Ratna di Gedung KPK Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (18/3).

Meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, Ratna tetap saja mengelak. Ia tidak terima jika dalam proyek pengadaan Alkes itu terjadi penyimpangan sebagaimana temuan KPK. Justru sebagai kuasa pengguna anggaran dan penjabat pembuat komitmen dengan cara penunjukan langsung, dirinya malah melakukan efesiensi kurang lebih Rp 7 miliar.

Dalam penyidikan, KPK menemukan penyimpangan penunjukan langsung dan penggelembungan harga pada pengadaan alkes. Ratna disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi pada proyek pengadaan alkes dengan kisaran Rp 52 miliar.

JAKARTA - Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari disebut-sebut terlibat dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan alat kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News