Mantan Presiden Bosnia Ditangkap

Mantan Presiden Bosnia Ditangkap
TANGKAP - Ejup Ganic (63), mantan Presiden Bosnia-Herzegovina yang baru saja ditangkap di London, dengan tuduhan kejahatan perang. Foto: AP.
LONDON - Pelarian Ejup Ganic berakhir di Bandara Internasional Heathrow, London, Senin lalu (1/3). Mantan presiden Bosnia-Herzegovina setelah lepas dari Federasi Yugoslavia tersebut ditangkap berdasar surat perintah penangkapan dari pemerintah Serbia. Pria 63 tahun itu dituding mendalangi pembunuhan sekitar 40 serdadu Serbia yang terluka dalam Perang Balkan.

"Personel Unit Ekstradisi Scotland Yard (sebutan untuk Kepolisian Metropolitan London Raya, Red) menangkap tokoh 63 tahun tersebut atas tuduhan pembunuhan," terang Kepolisian Metropolitan London dalam keterangan tertulisnya, seperti dilansir Agence France-Presse kemarin (2/3).

Laporan Kepolisian Metro London itu dibenarkan juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris. "Setelah ditangkap, yang bersangkutan sempat menghadap Pengadilan Rendah Kota Westminster," ujarnya. Sesuai dengan kesepakatan awal, Inggris bakal mengekstradisi Ganic ke Serbia.

Tapi, pria yang juga pernah menjabat wakil presiden Bosnia Herzegovina tersebut masih harus menjalani hearing pada 29 Maret nanti. "Sebaiknya, pemerintah Serbia segera melengkapi berkas permintaan ekstradisi mereka supaya kami bisa menjadwalkan hearing ekstradisi. Nanti, hakim yang akan menentukan apakah yang bersangkutan bisa diekstradisi atau tidak," lanjut sang juru bicara yang tak disebutkan namanya tersebut.

LONDON - Pelarian Ejup Ganic berakhir di Bandara Internasional Heathrow, London, Senin lalu (1/3). Mantan presiden Bosnia-Herzegovina setelah lepas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News