Mapala UMY Kirim 5 Anggotanya ke Daerah Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Mapala UMY Kirim 5 Anggotanya ke Daerah Terdampak Erupsi Gunung Semeru
Mapala UMY saat membantu petugas di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru. Foto: Dokumentasi Mapala UMY

jpnn.com, YOGYAKARTA - Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengirim lima anggotanya menjadi sukarelawan di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Humas Mapala UMY Aufadhia Anjani menyebut kegiatan tersebut sebagai bagian dari kewajiban anggota mapala untuk membantu terutama saat terjadinya bencana alam.

Mapala UMY bergerak di bidang sukarelawan SAR dibantu oleh SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia (SARMMI) yang juga ikut mengirim anggotanya.

"Beberapa fokus sukarelawan SAR seperti asesmen di berbagai wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru, pencarian dan evakuasi korban, serta membantu menyalurkan bantuan sembako," ungkap Aufadhia, Kamis (9/12).

Mapala UMY sendiri mengirim lima sukarelawan yaitu Zeni Nurhidayah, Fadhilah Qorianfafa, Katon Wahyu, Aziz Irsyadul, dan Mokhamad Nor Kholis.

Sukarelawan Mapala UMY direncanakan akan berada di lokasi erupsi Gunung Semeru selama seminggu.

Aufadhia berharap dengan adanya bantuan tenaga kemanusiaan yang dikirim bisa sedikit membantu petugas maupun masyarakat terdampak.

"Harapan kami semoga masyarakat pascabencana dapat segera pulih dan dapat beraktivitas seperti biasanya dengan dukungan moril dari tim sukarelawan Mapala UMY di lapangan," tutupnya. (mcr25/jpnn)

Mahasiswa pencinta alam (Mapala) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengirim lima anggotanya sebagai sukarelawan untuk membantu masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru.