Selasa, 13 November 2018 – 01:02 WIB

Mapel TIK Ganti Nama jadi Informatika

Senin, 03 September 2018 – 00:30 WIB
Mapel TIK Ganti Nama jadi Informatika - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah memutuskan menghadirkan kembali mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tapi dengan nama baru yakni informatika. Rencananya, mapel informatika diterapkan untuk jenjang SMP dan SMA sederajat.

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud Awaluddin Tjalla menjelaskan, di jenjang SMP, porsi mapel informatika dua jam pelajaran per pekan.

Sedangkan di jenjang SMA, informatika masuk kategori mata pelajaran pilihan dengan porsi dua sampai tiga jam pelajaran per pekan.

Awaluddin mengatakan, ada sejumlah tantangan dalam penerapan mapel informatika itu. Di antaranya, jumlah guru yang hanya sekitar 40 ribu orang.

Dari jumlah itu, guru informatika yang bersertifikasi serta linier jalur kuliahnya hanya sekitar 20 ribu orang atau separonya. ’’Di satu sisi belum ada penambahan guru (CPNS, Red) baru,’’ tuturnya.

Saat ini, lanjut dia, Kemendikbud masih menyiapkan dokumen implementasinya. Kompetensi dasar mapel informatika juga terus dikaji, divalidasi, dan diuji coba. Selain itu, persepsi antara akademisi dan guru disamakan.

Awaluddin menegaskan, mapel informatika harus disampaikan dengan tepat dan baik. Belum diputuskan apakah mapel informatika tersebut diterapkan langsung secara menyeluruh atau bertahap. (wan/c7/ttg)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar