Mas Nadiem Minta Ortu tak Perlu Stres dengan Pelaksaan Asesmen Nasional

Mas Nadiem Minta Ortu tak Perlu Stres dengan Pelaksaan Asesmen Nasional
Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim saat dialog di Pendopo Taman Siswa Yogyakarta, Selasa (14/9/21). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Yogyakarta)

jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim meminta para orang tua tidak perlu merasa khawatir dan stres tentang pelaksanaan asesmen nasional. 

Mas Nadiem menyatakan bahwa asesmen nasional bukan pengganti ujian nasional, dan tidak akan memengaruhi nilai siswa di sekolah. 

“Tidak perlu merasa stres terhadap pelaksanaan asesmen nasional,” kata Mas Nadiem saat berdialog bersama guru dan orang tua siswa di Pendopo Taman Siswa Yogyakarta, Selasa (14/9). 

“Saya pun merasa salut dengan kepala sekolah di Yogyakarta karena sudah memberikan penjelasan yang baik ke orang tua mengenai program ini,” kata Menteri Nadiem. 

Dia menambahkan bahwa asesmen nasional semata-mata ditujukan untuk pemetaan kondisi pembelajaran. 

Terutama karena adanya kebijakan PJJ selama pandemi Covid-19 yang memungkinkan terjadinya learning loss (kehilangan pembelajaran).

Apabila tidak dilakukan penilaian melalui asesmen nasional, Mas Nadiem justru khawatir tidak mengetahui capaian pembelajaran yang diperoleh siswa selama melaksanakan PJJ.

Oleh karena itu, Mas Nadiem menyebut asesmen nasional dapat diibaratkan sebagai medical check-up yang lengkap untuk mengetahui capaian pembelajaran siswa. 

Mas Nadiem Makarim meminta orang tua tidak perlu stres dengan pelaksanaan asesmen nasional, hingga termakan bujuk rayu bimbingan belajar untuk persiapan siswa. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News