Mas Nadiem Targetkan Pengangkatan PPPK dari Guru Honorer Tuntas 2023, Syukurlah 

Mas Nadiem Targetkan Pengangkatan PPPK dari Guru Honorer Tuntas 2023, Syukurlah 
Mas Nadiem Targetkan Pengangkatan PPPK dari Guru Honorer Tuntas 2023. Ilustrasi Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menargetkan pengangkatan PPPK dari guru honorer tuntas tahun depan.

Dengan demikian guru lulus passing grade (PG) tanpa formasi PPPK 2022 berpeluang besar. 

Menurut Pelaksana tugas (Plt.) Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani, Mas Nadiem, sapaan akrab Nadiem Makarim menginginkan agar pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dari guru honorer dituntaskan pada 2023.

Artinya, guru honorer termasuk lulus PG hasil seleksi PPPK 2021 akan tetap diperjuangkan mendapatkan kebijakan khusus dalam pengangkatan PPPK. Tentunya sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Mas Menteri Nadiem menargetkan 2023 selesai semua PPPK dari guru honorer, makanya akan ada regulasi baru lagi untuk 2023," kata Nunuk Suryani baru-baru ini.

Dia menegaskan Menteri Nadiem sangat berniat menuntaskan masalah guru honorer. Tahun ini, dari 193.954 guru lulus PG, sebanyak 127 ribuan sudah pasti diangkat menjadi PPPK. Namun, masih tersisa sekitar 55 ribu yang belum mendapatkan formasi.

Masalah itu, lanjutnya, menjadi bahan pemikiran pemerintah. Pasalnya, keberadaan 55 ribu guru tersebut karena dua alasan.

Pertama, pemerintah daerah tidak mengusulkan formasi sesuai jumlah guru lulus PG. Kedua, guru di mata pelajaran (mapel) tertentu jumlahnya berlebihan.

Mas Nadiem Makarim menargetkan pengangkatan PPPK dari guru honorer tuntas 2023. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News